Home » News » Borobudur Dilarang Oleh Dibuat Aksi Demo

Borobudur Dilarang Oleh Dibuat Aksi Demo



Jakarta – Beredarnya pesan berantai yang berencana melakukan aksi damai di Candi Borobudur mendapat respon dari pihak kepolisian.Kini Anda Bisa Menjelajah Candi Borobudur Hanya dengan Mengakses Google Street View

Mabes Polri menegasakan kegiatan aksi demo yang rencananya dilakukan di Candi Borobudur oleh ormas di Magelang dan sekitarnya, sebagai bentuk solidaritas tragedi pembantaian etnis Rohingya di Rakhine, Myanmar itu tidak diperbolehkan.

Baca Juga : Seorang Musisi Cafe Diciduk Karena Tanam Pohon Ganja di Pot

Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan, pihaknya akan menelusuri seberapa jauh keakuratan adanya wacana aksi demo di Candi Borobudur.

“Kami nanti lihat apakah memang saat pengajuan (izin, red) dilakukan di daerah Candi Borobudur atau di sekitar. Kan berbeda,” kata Martinus di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (4/9/2017).

Namun demikian, Martinus memastikan, jika aksi demo ingin dilakukan di areal Candi Borobudur, maka polisi tidak akan mengizinkannya.

“Pada prinsipnya untuk di beberapa tempat tertentu kan tidak diperbolehkan. Seperti misalnya rumah sakit, lokasi pendidikan, kemudian situs-situs purbakala. Itu juga harus mengajukan izin,” jelas dia.

Oleh karenanya, dia meminta kepada koordinator yang mewacanakan aksi demo agar memberikan surat pemberitahuan terkait lokasi, jumlah, dan asal massa yang akan dikerahkan. “Sehingga kami tahu dan wajib mengamankan,” tambah dia.

Seperti diketahui, wacana aksi demo di Candi Borobudur diembuskan bakal digelar pada Jumat (8/9/2017) mendatang.

Demo ini merupakan aksi solidaritas masyarakat muslim terhadap etnis Rohingya yang menjadi korban genosida. (seph – sisidunia.com)