Home » News » Jabatan Menteri Pertahanan India Dipegang Oleh Seorang Wanita

Jabatan Menteri Pertahanan India Dipegang Oleh Seorang Wanita



Jakarta – Jabatan Menteri Pertahanan India saat ini dipegang oleh seorang wanita, yaitu Nirmala Sitharaman usai ia ditunjuk sebagai untuk menempati posisi tersebut. Dengan begitu, ia pun menjadi Menteri Pertahanan wanita pertama di India. Penunjukan itu disampaikan dalam sebuah reshuffle kabinet yang diumumkan awal pekan ini.Jabatan Menteri Pertahanan India Dipegang Oleh Seorang Wanita

Sebelumnya, Sitharaman merupakan Menteri Negara untuk Perdagangan dan Industri. Dia juga menjadi juru bicara Partai Bharatiya Janata (BJP) yang saat ini memerintah India.

Baca juga : Foto Bareng Renata Kusmanto, Netizen Menilai Raisa Kalah Cantik

Penunjukkan Sitharaman sebagai Menhan ternyata disambut secara luas. Sitharaman menyebutkan bahwa penunjukan dirinya sebagai Menhan merupakan cerminan dari peningkatan status wanita di kalangan masyarakat India. Meski begitu, langkah ini tetap menuai kritikan.

“Tentunya saat ketegangan sedang berlangsung di perbatasan India, tidak hanya Pakistan tapi juga China, masuk akal untuk memiliki Menteri Pertahanan dengan latar belakang yang kredibel, dengan berbagai tingkat keahilan,” tulis sebuah opini di surat kabar The Economic Times, seperti dikutip BBC, Senin 4 September 2017.

Di sisi lain, pengangkatannya digambarkan sebagai sebuah kejutan. Sitharaman akan menghadapi tugas masif untuk memodernisasi angkatan bersenjata India dan menerapkan investasi pemerintah secara besar-besaran.

Dari 27 menteri senior di jajaran kabinet, India saat ini memiliki enam menteri wanita, yang merupakan jumlah tertinggi dalam lebih dari satu dekade.

Perombakan kabinet kali ini juga melihat pengunduran diri Menteri Perkeretaapian, Suresh Prabhu, yang mundur menyusul deretan kecelakaan fatal. Prabhu memikul tanggung jawab moral penuh, setelah sebuah kecelakaan kereta api yang menewaskan setidaknya 23 orang beberapa waktu lalu.

(Baharudin – Sisidunia.com)