Home » Gaya Hidup » Cara Alami Merawat Kulit Wajah

Cara Alami Merawat Kulit Wajah



Jakarta – Cara Merawat Wajah Secara Alami adalah salah satu cara agar kult terlihat lebih sehat dan cerah berseri dengan menggunakan bahan- bahan yang alami/ herbal. Kulit wajah yang cerah adalah cermin bahwa wajah mendapat perawatan yang baik. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan wajah yang putih dan cerah. Mulai dari perawatan secara tradisional hingga perawatan dengan menggunakan produk–produk kecantikan, seperti krim pemutih.

Cara Alami Merawat Kulit Wajah

Cara Alami Merawat Kulit Wajah

Memakai lotion/ krim pemutih wajah sah- sah saja, tapi terlebih dahulu pastikan bahwa krim tersebut memiliki sertifikat/ lisensi dari BPOM. Jika krim tersebut memang benar memiliki lisensi tersebut, anda bisa menggunakannya, karena krim tersebut sudah lolos uji tes dan aman untuk anda gunakan.

Anda juga bisa memakai bahan–bahan alami untuk merawat wajah secara alami. Karena cara ini merupakan salah satu cara merawat wajah secara alami yang putih dan cerah, dan jika digunakan secara tepat dan rutin maka hasil yang diperoleh bisa memuaskan dan tentunya tak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Berikut adalah beberapa cara merawat wajah dengan bahan-bahan alami:

1. Kulit jeruk

Tahukah anda bahwa kulit jeruk mengandung lebih banyak Vitamin C daripada daging buahnya. Vitamin C adalah zat antioksidan yang berperan cukup penting dalam memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Vitamin C yang terkandung didalam kulit jeruk juga merupakan agen bleaching alami yang dapat menghilangkan kekusaman akibat paparan sinar matahari.

Langkah – langkah merawat wajah dengan kulit jeruk:
– Keringkan kulit jeruk di bawah matahari selama beberapa hari sampai benar benar kering.
– Haluskan kulit jeruk sampai menjadi bubuk.
– Tambahkan air pada bubuk kulit jeruk dan aduk hingga menjadi pasta.
– Oleskan pasta pada wajah anda dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.
– Bilas dengan air hangat.
– Lakukanlah perawatan ini setiap dua kali dalam seminggu.

Dengan menggunakan kulit jeruk merupakan cara merawat wajah secara alami yang terbukti cukup ampuh dan efisien, karena tidak memerlukan biaya yang cukup mahal dan tergolong cara yang cukup mudah untuk merawat wajah secara alami.

2. Lidah Buaya

Didalam Lidah buaya mengandung zat aloesin, yaitu suatu zat yang dapat menghambat pertumbuhan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Itulah mengapa lidah buaya banyak ditemukan dalam produk – produk kecantikan.

Langkah- langkah merawat wajah dengan lidah buaya:
– Kupas kulit lidah buaya dan pisahkan gelnya
– Oleskan gel lidah buaya yang telah dipisahkan pada kulit wajah anda
– Diamkan selama kurang lebih 15 menit
– Bilas dengan air hangat dan keringkan
– Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan perawatan ini selama kurang lebih dua kali sehari dalam sebulan.

Zat yang terkandung didalam lidah buaya merupakan suatu Cara Merawat wajah secara alami dan tidak mengandung bahan- bahan yang berbahaya bagi para penggunanya.

3. Lemon

Lemon memiliki aroma segar yang disukai banyak orang. Vitamin C dan asam alpha hidroksi yang terkandung dalam lemon mampu menangkal radikal bebas penyebab kulit kusam. Selain itu, lemon dikenal sebagai agen bleaching alami yang dapat mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan kekusaman terutama yang disebabkan oleh sinar matahari. Untuk mendapatkan kulit wajah yang putih dan sehat, dengan menggunakan lemon.

Langkah-langkah merawat wajah dengan lemon sebagai berikut:
– Peraslah air lemon pada sebuah wadah
– Celupkan kapas pada air perasan lemon
– Oleskan kapas yang telah dibasahi pada wajah
– Diamkan selama 15 menit
– Bilas dengan air hangat
– Hindari mengoleskan lemon pada kulit yang terluka dan teriritasi.

Itulah langkah- langkah atau cara merawat wajah secara alami dengan menggunakan lemon. Cara ini tergolong mudah dan mampu di jangkau oleh semua kalangn masyarakat khususnya di daerah pedesaan.

4. Yogurt

Yogurt merupakan bahan alami yang tidak diragukan lagi manfaatnya dalam hal merawat maupun mencerahkan kulit wajah anda. Vitamin B5 yang terkandung dalam yogurt bermanfaat menyamarkan noda bekas jerawat dan juga berperan dalam mencerahkan kulit wajah anda. Tidak hanya itu, asam laktat dan kalsium yang terkandung dalam yogurt berperan penting dalam melembabkan kulit wajah anda dan menjaganya agar tetap sehat dan terawat.

Langkah- langkah merawat wajah dengan yogurt:
– Tuangkan satu sendok teh yogurt ke dalam mangkuk
– Tambahkan sedikit madu dan susu
– Aduk hingga tercampur rata, lalu oleskan ke seluruh wajah
– Biarkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Ini merupakan salah satu cara merawat wajah secara alami dengan menggunakan yogurt. Meskipun cara ini termasuk langka atau kalangan tertentu saja yang biasa memakai cara tersebut, misalnya di gunakan untuk salon, spa, atau terapi.

5. Pepaya

Pepaya kaya akan enzim papain yang dapat membantu regenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E yang terkandung dalam buah pepaya juga mampu menutrisi dan melembabkan kulit. Pepaya merupakan tabir surya alami yang dapat menghambat pigmentasi kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Pepaya dapat dikonsumsi secara langsung untuk mencerahkan kulit atau dibuat menjadi masker.

Langkah – langkah merawat wajah dengan pepaya sebagai berikut:
– Bersihkan pepaya dan potong menjadi beberapa bagian
– Haluskan pepaya, lalu oleskan masker pada wajah
– Diamkan selama kurang lebih 15 menit
– Bilas dengan air hangat
– Perawatan ini bisa dilakukan 2 – 3 kali dalam seminggu.

Cara ini tergolong cukup praktis karena cukup mudah di jumpai di sekitar kita dan merupakn suatu cara yang bagus di gunakan sebagai cara merawat wajah secara alami.

6. Madu

Madu juga merupakan pelembab dan antibiotik alami dari kulit yang sekaligus dapat mencerahkan wajah dan mengangkat sel kulit mati. Madu juga dapat menghilangkan bekas jerawat dan tanda– tanda penuaan pada kulit.

Langkah- langkah merawat wajah dengan madu:
– Ambil satu sendok makan madu
– Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 – 15 menit
– Bilas dengan air hangat
– Lakukan kegiatan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang memuaskan

Cara ini biasanya di gunakan oleh kalangan tertentu karena bahan yang di gunakan agak sulit di dapat dan harganya juga tergolong cukup mahal, tetapi cara ini sangat di anjurkan untuk anda sebagai salah satu cara merawat wajah secara alami.

7. Ketimun

Ketimun memiliki banyak manfaat bagi kulit. Didalam Ketimun terkandung banyak vitamin, mineral dan zat penting yang dapat digunakan untuk mengatasi kekusaman kulit. Ketimun juga dapat menghambat pigmentasi kulit, menghilangkan bekas jerawat dan lingkar hitam disekitar wajah.

Langkah- langkah merawat wajah dengan ketimun:
– Iris ketimun dan letakkan irisan ketimun tersebut langsung pada permukaan wajah
– Diamkan selama beberapa menit
– Bilas dengan air hangat dan keringkan
Anda juga bisa memakai masker pencerah dari ketimun dan mencampurmya dengan madu:
– Oleskan masker merata pada wajah dan diamkan kurang lebih selama 15 menit
– Bilas dengan air hangat dan keringkan
– Lakukan perawatan ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Cara ini juga tergolong cukup mudah dan dapat di jangkau oleh semua kalangan masyarakat di kota maupun di desa, karena bahanya mudah di dapat maka cara ini termasuk cara merwat wajah secara alami yang sangat bersahabat dengan kantong Anda.

8. Cuka Apel

Banyak orang yang tidak tahan dengan aroma asam yang kuat dari cuka apel. ternyata asam yang terkandung dalam apel juga dapat membantu meregenerasi kulit yang baru dan mengikis sel kulit mati. Cuka apel selain dapat mengurangi minyak berlebih juga dapat mengurangi peradangan pada kulit. Untuk mencerahkan kulit anda dapat membuat toner dari cuka apel dengan langka – langkah merawat wajah dengan cuka apel sebagai berikut:

– Campurkan 5 ml cuka apel dengan 95 ml air kedalam wadah yang telah di siapkan
– Celupkan kapas pada larutan tersebut
– Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 menit
– Bilas dengan air hangat
– Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu

Ini merupakan cara merawat wajah dengan alami yang dapat membuat wajah anda kelihatan sehat berseri- seri karena zat yang terkandung di dalamnya dapat membantu meregenerasi kulit yang baru dan mengikis sel kulit mati pada wajah anda.

9. Masker Alpukat dan Madu

Didalam buah Alpukat terkandung banyak sekali zat- zat yang dapat melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. Selain itu, alpukat juga mampu melembabkan dan menghaluskan kulit. Sementara madu merupakan bahan alami lain yang sangat baik untuk kulit. Masker alpukat dicampur dengan madu merupakan suatu kombinasi yang tepat untuk mendapatkan kulit putih dan cerah seperti yang anda idam-idamkan.

Langkah- langkah merawat wajah dengan alpukat:
– Ambil daging alpukat dengan menggunakan sendok, lalu masukkan ke wadah yang telah anda persiapkan
– Haluskan daging buah alpukat dan campur dengan satu sendok madu
– Oleskan merata pada wajah dan diamkan selama 15 menit
– Bilas dengan air hangat dan keringkan
– dalam seminggu Lakukan perawatan ini selama 2 – 3 kali untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Langkah- langkah di atas sangat bagus sekali untuk membuat kulit wajah anda terlihat putih dan sehat bercahaya dan termasuk cara yang mudah karena bahannya tidak sulit didapat juga merupakan cara merawat wajah secara alami yang sangat dianjurkan.

10. Tomat

Tomat yang sering kita jumpai di dapur ternyata bermanfaat juga untuk mencerahkan kulit wajah dan dapat pula digunakan untuk menghilangkan jerawat. Lycopene merupakan senyawa antioksidan yang terkandung dalam tomat dan terbukti dapat menangkal radikal bebas dan melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. Lycopene juga dapat menutrisi kulit dan membuatnya cerah berseri. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda dapat membuat masker dari tomat dan menerapkanya pada wajah secara langsung.

Langkah- langkah merawat wajah dengan tomat:
– Haluskan tomat sampai menjadi bubur
– Oleskan langsung pada wajah dan diamkan selama 15 menit
– Bilas dengan air hangat kemudian keringkan

Tomat selain kita gunakan untuk bahan masakan ternyata merupakan salah satu cara yang jitu untuk mengatasai kult wajah yang kusam dan tidak bercahaya juga merupakan cara merawat wajah secara alami yang sangat di anjurkan.

Memiliki kulit wajah yang cantik dan tampak sehat merupakan dambaan setiap insan, maka dari itu kita harus menjaga dan merawatnya dengan baik dengan cara merawat wajah secara alami.

Berikut adalah cara- cara merawat wajah secara alami dan baik:

Sebenarnya cara merawat wajah secara alami itu tidak susah seperti yang anda fikirkan, yaitu hanya tergantung bagaimana cara kita merawatnya dan membersihkanya. Semua bisa di lakukan dengan mudah jika anda telah mengetahui kulit dan produk kecantikan yang cocok dengan wajah anda. kulit wajah anda akan mendapatkan perawatan yang cocok dan sesuai dengan karakter wajah anda sehingga terbebas dari komedo dan jerawat yang mengganggu.

Maka perawatan yang alamipun menjadi alternative yang sangat mudah dan murah dan bahan- bahan yang d gunakan pun cukup mudah di dapatkan. Selain itu kulit wajah anda akan terbebas dari efek samping yang dapat merusak kulit. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips mengenai cara merawat wajah secara alami, putih, dan bebas jerawat.

Hal- hal yang paling mendasar dalam perawatan wajah antara lain:

1. Sebelum menyentuh daerah wajah, sebaiknya cucilah tangan terlebih dahulu dengan air bersih supaya anda terbebas dari kuman dan bakteri yang mengganggu.
2. Sebaiknya biasakanlah untuk membersihkan wajah dengan pembersih wajah dengan pembersih dan penyegar yang cocok dengan jenis kulit anda, sehingga tidak terjadi iritasi ringan, usahakan setiap pagi dan malam, atau setap kalai keluar dari rumah.
3. Rajinlah mencuci muka setiap kulit wajah terasa kering atau setelah melakukan aktifitas sehari- harii.
4. Selalu pakai pelembab wajah setiap akan beraktifitas di luar rumah, agar kulitwajah tetap segar dan terbebas dari sinar ultraviolet (UV) yang dapat menyebabkan flek hitam.
5. Setiap malam luangkanlah waktu beberapa menit, untuk memijat kulit wajah sebelum tidur. Hal tersebut dilkukan dengan tujuan agar menghilangkan letih pada wajah dan memberikan warna kulit agar tetapsehat dan cerah.
6. Dalam seminggu 2 kali, biasakan menggunakan masker wajah agar kotoran yang menempel pada wajah akan terangkat dan wajah akan menjadi lebih bersih dan bercahaya.
7. Perbanyaklah minum air putih setiap hari, minimal 8 gelas setiap hari agar kulit wajah akan terlihat cerah dan segar alami.
8. Perbanyak Minum vitamin E 3x setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.
9. Olahraga secara teratur, agar kulit tetap kencang dan tubuhpun akan terbebas dari berbagai penyakit.

(Baharudin – sisidunia.com)