Home » Techno » Untuk Pelayan Kamar, Hotel Ini Pekerjakan Robot

Untuk Pelayan Kamar, Hotel Ini Pekerjakan Robot



Jakarta – Layanan hotel seperti spa, gym, atau kolam renang mungkin sudah biasa. Hotel di Singapura ini menawarkan layanan unik yaitu pelayan robot bernama AURA.

Untuk Pelayan Kamar, Hotel Ini Pekerjakan Robot

Gambar Ilustrasi

AURA bekerja di Millennium Social Hotel, Singapura. Hotel ini telah selangkah lebih maju dan membawa pembaruanĀ dalam layanan kamar berkat kehadiran AURA.

Wakil presiden operasional Millennium Hotels and Resorts, Lee Richards,Ā mengatakan kepada CNN Travel bahwa inspirasi di balik penggunaan AURA, untuk membawa kenyamanan dan kesenangan bagi para tamu dan untuk membantu staf fokus pada peningkatan pelayanan tamu.

AURA adalah robot pertama dari jenisnya yang dipakai di luar Amerika Serikat atau yang pertama di Asia Tenggara. Jadi, perannya di Millennium Social Hotel menandai titik balik dalam industri perhotelan Asia Tenggara.

ā€œRobot ini memang ditujukan untuk memperbaiki kehidupan manusia dengan menciptakan dan menyediakan layanan ramah yang bekerja dengan aman dan nyaman di lingkungan manusia,ā€ kata Richards.

Selain stylish,Ā AURA juga terampil mengoperasikan lift, mengantarkan makanan, hingga mengarahkan para tamu ke dalam kamar dan tempat lain yang ingin dituju.

Penggunaan AURA di Millennium Social ini terhitung berhasil. Namun, Richards dengan cepat menampik bahwa staf masa depan dunia perhotelan akan digantikan dengan robot.

“Kami tidak mengganti orang dengan robot atau teknologi. Sebaliknya, kami ingin menggunakan teknologi untuk lebih meningkatkan layanan kami,” ujar Richards.

AURA khusus menangani tugas pengiriman air minum dan handuk ke kamar hotel atau navigasi ke tempat-tempat di hotel. Sedangkan staf manusia dapat fokus pada pekerjaan lain.

Richards mengatakan bahwa kemajuan ini merupakan bagian integral masa depan industri perhotelan antara teknologi dengan keramahtamahan yang bisa berjalan beriringan.

“Terutama di industri perhotelan, dimana kita sering menghadapi tantangan kekurangan tenaga kerja. Teknologi dapat membantu tim dalam memberikan yang terbaik untuk para tamu, efisien, dan efektif,” ucap Richards. (Seph – sisidunia.com)