Home » Gaya Hidup » Ini Yang Terjadi Jika Tubuh Kurang Mendapat Istirahat Yang Cukup

Ini Yang Terjadi Jika Tubuh Kurang Mendapat Istirahat Yang Cukup



Jakarta – Istirahat memiliki peran penting bagi tubuh karena pada saat tidur tubuh akan merawat kesehatan fisik dan mental kita. Fungsi ini penting agar kita mendapat kesegaran saat bangun sehingga selanjutnya siap menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu, tidur juga ikut menunjang pertumbuhan, terutama Ā pada anak dan remaja, karena pada saat tidurlah hormon pertumbuhan dikeluarkan.Ini Yang Terjadi Jika Tubuh Kurang Mendapat Istirahat Yang Cukup

Kebutuhan tidur yang tidak tercukupi bisa menyebabkan Anda terlihat lelah saat bangun tidur atau menguap sepanjang hari. Beberapa hal berikut juga dapat terjadi jika Anda mengalami kurang tidur.

1. Glikogen yang Menurun
Glikogen adalah sumber energi pada tubuh kita dan penurunan glikogen bukanlah yang tubuh Anda inginkan. Penurunan kadar glikogen pada tubuh akan menghilangkan kontribusi pada respon laktat. Hal ini akan membuat otot menjadi lebih cepat lelah dan lemas.

2. Kortikosteroid Meningkat
Dalam tubuh kita memiliki hormon stres yaitu Kortison dan Kortisol. Kedua hormon ini terbukti tidak baik untuk tubuh dan dapat menurunkan berat badan. KortikoseteroidĀ cenderung meningkat saat tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Peningkatan ini tentunya akan menekan sistem kekebalan tubuh dengan menghambat antigen yang tidak dapat melawan sel buruk. Hal ini akan menyebabkan Anda mudah stres dan terkena penyakit.

3. Kehilangan Massa Otot

Bila Anda sedang melakukan proses pembentukan otot dan tubuh yang ideal, hal yang Anda perlukan adalah olahraga dan tidur yang cukup. Namun, kebiasaan buruk dengan tidak istirahat yang cukup, tidak akan membantu sama sekali. Walaupun Anda melakukan olahraga secara rutin, massa otot tidak akan meningkat bila Anda tidak istirahat.

4. Perubahan Perilaku
Sudah dipastikan, kurang tidur yang berlebihan akan mengacaukan keseharian Anda. Tubuh akan merasa letih dan turun semangat untuk melakukan berbagai aktivitas. Tak hanya itu saja, terdapat perubahan pada mental dan fisik, seperti kurang percaya diri, mudah marah, dan terlihat kusam.

(seph – sisidunia.com)