Home » Gaya Hidup » Benarkah MSG Bisa Menyebabkan Kanker ?

Benarkah MSG Bisa Menyebabkan Kanker ?



Jakarta โ€“ Penggunaan Monosodium Glutamat (MSG) atau perasa pada makanan yang terlalu berlebih disebut juga akan menyebabkan kanker. Apakah ini mitos atau fakta?

Benarkah MSG Bisa Menyebabkan Kanker ?

Gambar Ilustrasi

Prof. Dr. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp. PD-KHOM, sebagai Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI), mengatakan, hal tersebut rupanya mitos belaka.

Baca Juga : Masih Membedung Bayi ? Simak Anjuran Ini

Pemahaman masyarakat yang rendah berkenaan kanker, buat mitos ini dipercaya oleh warga luas. Makin lama, mitos ini seolah jadi kebenaran yang dipercaya oleh masyarakat luas.

Prof Aru menegaskan, MSG yang sering ditambahkan kedalam masakan samasekali tidak mengakibatkan kanker. Hal ini, lanjut dia, juga di dukung dengan beberapa studi pada tikus. Hasilnya, mitos itu benar tidak terbukti.

โ€ MSG belum pula terbukti menyebabkan kanker, tetapi MSG yang sangat banyak dapat merusak jaringan tubuh seperti pankreas dan mepercepat penuaan, โ€ ungkap Aru waktu ditemui di daerah Menteng, Jakarta Pusat.

Untuk itu, ia juga mengingatkan, biarpun belum terbukti mengakibatkan kanker, pemakaian MSG juga harus tetaplah terkontrol serta dalam jumlah yang lumrah untuk menjaga kesehatan. (seph – sisidunia.com)