Home » Gaya Hidup » Inilah Yang Harus Anda Perhatikan Ketika Memberi Makan Sayur dan Buah Untuk Bayi

Inilah Yang Harus Anda Perhatikan Ketika Memberi Makan Sayur dan Buah Untuk Bayi



Jakarta – Bayi di atas usia 6 bulan sudah bisa mulai diberikan makanan pendamping ASI atau MPASI. Lantas buah atau sayuran apakah yang bisa diberikan bayi di bawah satu tahun?Inilah Yang Harus Anda Perhatikan Ketika Memberi Makan Sayur dan Buah Untuk Bayi

 

Menurut dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, sebenarnya semua buah atau sayuran boleh diberikan kepada bayi asalkan dipilih yang teksturnya sesuai dengan usia bayi dan kemampuan bayi dalam mengunyah.

Baca Juga : Inilah Manfaat Serbuk Kopi Buat Telapak Tangan

Untuk bayi usia 6-9 bulan, bisa diberikan buah jeruk yang diperas atau buah lainnya yang diparut. Atau bisa juga diberikan pisang yang dikerik. Namun yang perlu diperhatikan, kerik dulu buah pisang bagian luarnya karena bagian itu biasanya masih mengandung getah.

Bila bayi sudah berusia 9-12 bulan, sudah bisa diberikan buah parut atau yang dipotong kecil-kecil.

Dan bila bayi sudah berusia 12 bulan, bisa diberikan buah potong dengan potongan kecil-kecil.

Yang perlu diperhatikan hanyalah risiko tersedak pada bayi. Karena itu, berikanlah buah dalam potongan kecil-kecil sesuai usia dan kemampuan bayi.

Hal yang sama juga berlaku untuk sayuran. Tidak ada larangan untuk jenis sayuran tertentu diberikan ke bayi. Hanya saja perlu diperhatikan teksturnya yang sesuai dengan usia bayi.

“Misalnya mau ngasih buncis ke bayi 7 bulan, tentu harus dibuat halus dulu teksturnya,” tambah dr Meta. (seph – sisidunia.com)