Home » News » Efisiensi, Solo Luncurkan Layanan Paspor Keliling

Efisiensi, Solo Luncurkan Layanan Paspor Keliling



Solo – Kota Solo meluncurkan pelayanan paspor keliling. Hal tersebut diumumkan oleh Direktur Lalu Lintas Keimigrasian Pusat, Cucu Kuswara saat menghadiri acara Pekan Kerja Nyata Revolsi Mental 2017 di Stadioan Manahan, Solo, Jumat (25/8/2017).

Efisiensi, Solo Luncurkan Layanan Paspor Keliling

Layanan pasport keliling Kota Solo

Kota Solo merupakan kota yang pertama untuk operasional pelayanan tersebut.

“Dalam proses pelayanan di mobil keliling, warga bisa membawa Kartu Tanda Penduduk, kartu keluarga, akta kelahiran, ijazah baik fotokopi maupun asli. Kemudian pemohon juga bisa melakukan foto dan cek sidik jari,” kata Cucu.

Setelah itu, pemohon akan menunggu waktu verifikasi kurang lebih tiga hari. Untuk kemudian pemohon diminta untuk mengambil paspor di kantor Imigrasi Kelas I Surakarta.

Cucu menambahkan, salah satu fungsi mobil keliling paspor tersebut adalah efisiensi waktu pelayanan. “Saat ini ada satu mobil dan seminggu sekali beroperasi di Car Free Day jalan Slamet Riyadi Solo,” katanya.

Salah satu warga Sragen, Sukarni, saat ditemui di mobil pelayanan paspor mengaku sangat terbantu dengan adanya pelayanan keliling paspor. Menghemat waktu dan tidak harus mengantre di Kantor Imigrasi Surakarta.

“Yang jelas tidak usah antre di kantor, dan biasanya antrenya lama. Asal kita bawa syarat lengkap, akan cepat dilayani,” ucap dia.

Pemalsuan dan penggandaan paspor dengan modus ingin bekerja di luar negeri, ternyata seringkali dilakukan oleh jaringan mafia pengirim TKI dengan cara mengelabui petugas imigrasi. Padahal, modus ini beresiko tinggi, khususnya bagi calon TKI, karena bisa membuatnya jatuh dalam jaringan perdagangan manusia. Bagaimana mencegahnya agar tidak lagi jatuh korban? Kita bahas bersama Dirjen Imigrasi Kemenkumham, Rony F Sompie. (Seph – sisidunia.com)