Home » Gaya Hidup » Beberapa Gejala Diabetes Ini Jarang Disadari

Beberapa Gejala Diabetes Ini Jarang Disadari



Jakarta – Kebanyakan masyarakat di seluruh dunia dihatui dengan penyakit diabetes. Gejala-gejala diabetes yang umum biasanya seperti mudah lelah, sering haus, dan sering buang air kecil. Tak hanya itu, ada beberapa gejala lainnya yang mungkin tidak Anda kira sebelumnya.

Beberapa Gejala Diabetes Ini Jarang Disadari

Ilustrasi

Dilansir dari Menshealth, Jumat (25/8/2017), berikut beberapa gejala diabetes yang selama ini jarang disadari.

1. Gusi berdarah

Bakteri sangat suka dengan gula. Ketika kadar gula dalam darah Anda selalu tinggi, luka di tubuh Anda akan lama sembuh, termasuk yang ada di gusi Anda. Luka pada gusi ini bisa disebabkan banyak hal, seperti rutinitas menyikat gigi atau makan. Tingginya kadar gula darah juga akan membuat bakteri jahat senang berkembang biak di mulut Anda dan membuat bakteri baik kalah.

2. Noda hitam muncul di kulit

Noda hitam yang secara aneh muncul di kulit memang banyak faktornya. Tapi, salah satu faktor yang perlu dikhawatirkan adalah kadar gula tinggi. Noda atau bercak hitam, yang bisa terasa gatal hingga sakit, tersebut dapat disebabkan rusaknya pembuluh darah di bawah kulit. Gejala seperti ini bisa ditemukan di lengan bawah, selangkangan, leher, dan ketiak.

3. Pandangan kabur

Pandangan kabur tidak selalu karena gangguan refraksi mata. Penderita diabetes berat juga bisa mengalami gejala seperti ini, karena kadar glukosa yang tinggi mendorong cairan untuk mengisi lensa hingga membengkak. Pandangan kabur karena diabetes tidak bisa diperbaiki walaupun Anda sudah mengenakan kacamata atau lensa seperti biasa.

(Seph – sisidunia.com)