Home » Gaya Hidup » Ini Yang Terjadi Jika Anda Diet Gula Selama 10 Hari

Ini Yang Terjadi Jika Anda Diet Gula Selama 10 Hari



Jakarta – Banyak penelitian yang telah mengungkap bahaya konsumsi gula berlebih bagi kesehatan. Namun, karena dampaknya kerap tak terlihat langsung, banyak orang yang bahkan tak meyakininya.

Ini Yang Terjadi Jika Anda Diet Gula Selama 10 Hari

Gambar Ilustrasi

Sebuah peneltian yang dilakukan oleh Dr. Robert Lustig dan timnya di University of California, San Francisco mengungkapkan bahwa, anak yang tidak diberi gula dalam waktu 10 hari bisa menurunkan kadar trigliserida hingga 33 poin.

Baca Juga : Para Ahli Menyarankan Tidur Siang Pukul 15.00 WIB

Tak hanya itu, kadar LDL atau kolesterol jahat juga menurun 5 poin. Kondisi ini juga ikut menurunkan tekanan darah diastolik dan menurunkan risiko diabetes karena kadar insulin terus terjaga dalam kadar normal.

Semua keuntungan tersebut bisa terjadi hanya adalam 10 hari tanpa gula. Bukan dengan diet ketat selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Meskipun penelitian tersebut dilakukan pada anak, namun tak ada alasan hal tersebut tak bisa diterapkan pada orang dewasa.

Gula yang dimaksud dalam penelitian ini adalah gula sederhana seperti glukosa dan fruktosa. Sebab, saat gula jenis ini Anda konsumsi, efek yang terjadi adalah Anda akan terus merasa lapar dan terus makan.

Secara perlahan, kondisi ini akan membuat kadar kolesterol Anda meningkat, gula darah meningkat dan risiko terhadap penyakit diabetes melitus pun meningkat.

Namun, karena tubuh masih membutuhkan gula untuk menghasilkan energi, maka Anda perlu mengganti penggunaan gula sederhana menjadi gula dari karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, mie atau lainnya. Asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, gula dari karbohidrat kompleks akan membantu menjaga kesehatan Anda.

(Seph – sisidunia.com)