Home » News » Merah Putih Terbalik, Mahfud MD Kecam Sikap Ceroboh Malaysia

Merah Putih Terbalik, Mahfud MD Kecam Sikap Ceroboh Malaysia



Jakarta – Berbagai pihak di Indonesia terkait insiden bendera Indonesia terbalik oleh pemerintah Malaysia (panitia) SEA Games 2017.

Merah Putih Terbalik, Mahfud MD Kecam Sikap Ceroboh Malaysia

Mahfud MD

Sejak terungkapnya insiden tersebut pada pembukaan SEA Games 2017 Sabtu (19/8/2017) malam, gelombang respon pun terus berdatangan.

Baca juga : Ridwan Kamil Senang Golkar Masih Buka Peluang Untuknya

Nah, netizen Indonesia yang dikenal ‘sangat bising’ di sosial media pun tak kalah garang dengan mem-viralkan tagar #ShameOnYouMalaysia.

Sebagai tuan rumah, negara yang kerap mengklaim ragam budaya Indonesia itu dinilai sangat ceroboh karena sudah melakukan kesalahan fatal.

Anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP), Mahfud MD pun tak ketinggalan mengecam insiden tersebut.

Ia menegaskan, bendera Merah Putih adalah sakral dan tak bisa dipandang remeh.

Apabila dilecehkan atau dibuat mainan, maka akan terancam hukuman pidana berat.

Hal itu merujuk pada UU Nomor 24/2009 tangang Bendera, Bahasa, Lambang Negara dan Lagu Kebangsaan.

“Itu tidak bisa bendera Indonesia dibuat lucu-lucuan. Simbol negara itu kan ada UU tentang atribut bangsa. Kalau di Indonesia hukumannya berat juga,” tegas Mahfud, Senin (21/8/2017).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menyebut Malaysia terlalu ceroboh sampai memampang bendera Indonesia terbalik.

Padahal, lanjutnya, SEA Games adalah perhelatan besar yang diikuti negara-negara di Asia Tenggara.

“Sehingga menjadi pantas kalau ada yang menduga itu adalah kesengajaan untuk melecehkan Indonesia,” ucapnya.

Seperti diketahui, insiden bendera Indonesia terbalik itu pertama kali diungkap Menteri Pemuda dan Olahraga Imama Nahrawi, Sabtu (19/8/2017).

Hal itu ia dapati dalam buku panduan SEA Games Malaysia 2017 yang lantas ia cuitkan di akun twitter miliknya.

“Pembukaan #SEAgame2017 yg bagus tapi tercederai dg keteledoran fatal yg amat menyakitkan. Bendera kita….Merah Putih. Astaghfirullaah…,” tulis Imam.

Menteri Belia dan Sukan Khairy Jamaluddin menyebut bahwa insiden terbaliknya bendera Indonesia itu adalah hal yang tak disengaja.

Khairy menyebut, hal itu disebabkan adanya kesalahan percetakan dan murni kelalaian manusia.

Ia juga sudah memerintahkan kepada panitia Sea Games 2017 untuk menarik semua dan berhenti mengedarkan majalah souvenir tersebut.

“Dan satu percetakan baru dibuat untuk dibetulkan dan akan dikirim kembali ke tamu negara yang hadir di acara pembukaan,” katanya.

(Seph – sisidunia.com)