Home » News » Malaysia Akan Cetak Ulang Buku Panduan SEA Games 2017

Malaysia Akan Cetak Ulang Buku Panduan SEA Games 2017



Jakarta – Malaysia menunjukkan itikad baiknya untuk menuntaskan kasus salah cetak bendera Indonesia. Sebagaimana diberitakan, bendera merah putih Indonesia dicetak terbalik sehingga tersusun menjadi putih merah, mirip dengan bendera nasional Polandia.

Malaysia Akan Cetak Ulang Buku Panduan SEA Games 2017

Bendera Indonesia terbali di buku panduan SEA Games 2107

Kesalahan tersebut terjadi pada buku panduan terbatas yang dicetak untuk tamu penting atau VVIP SEA Games ke-29. Pihak Kedutaan Besar RI (KBRI) di Kuala Lumpur, Malaysia, menyatakan otoritas Negeri Jiran akan menarik dan mencetak ulang buku panduan tersebut.

Baca juga : Menpora Malaysia Minta Maaf Terkait Kesalahan Warna Bendera Indonesia

“Mengenai buku yang memuat kesalahan pencetakan adalah edisi terbatas untuk VVIP, akan ditarik untuk dicetak ulang dengan benar untuk kemudian disampaikan lagi kepada penerimanya pada kesempatan pertama,” bunyi pernyataan resmi KBRI, Minggu (20/8/2017).

Kesalahan pencetakan tersebut pertama kali diungkap oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Imam Nahrawi. Kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengunggah foto yang memperlihatkan kesalahan pencetakan lewat akun Twitter.

“Pembukaan SEAgame2017 yang bagus tapi tercederai dengan keteledoran fatal yang amat menyakitkan. Bendera kita….Merah Putih. Astaghfirullaah…” kicau Imam Nahrawi.

Buku panduan tersebut diberikan oleh pihak penyelenggara kepada para undangan saat Upacara Pembukaan SEA Games di Stadion Bukit Djalil, Kuala Lumpur, pada 19 Agustus 2017. Pihak Kementerian Luar Negeri Indonesia melalui KBRI Kuala Lumpur langsung melayangkan nota diplomatik kepada Malaysia.

Selain melayangkan nota diplomatik, Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi pun telah menyampaikan hal tersebut kepada Menlu Malaysia, Dato Sri Anifah Aman. Setelah berbagai langkah yang ditempuh, Pemerintah Malaysia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga menyampaikan permohonan maaf.

Menpora Malaysia, Khairy Jamaluddin, melakukan pertemuan tertutup dengan Menpora Imam Nahrawi di Kuala Lumpur pada Minggu (20/8/2017) sekira pukul 12.00 waktu setempat. Menpora Imam Nahrawi didampingi oleh Chef de Mission Indonesia Aziz Syamsuddin, Ketua KONI Erick Thohir, dan perwakilan dari KBRI Kuala Lumpur.

Itikad baik juga ditunjukkan Kepolisian Malaysia yang menyatakan akan melakukan penyelidikan terhadap kesalahan pencetakan tersebut. Direktur Cabang Khusus Kepolisian Malaysia di Bukit Aman, Datuk Seri Mohamad Fuzi Harun mengatakan, pihaknya akan meminta penjelasan dari pihak terkait.

Ia menyatakan tidak ingin Indonesia berkecil hati atas insiden bendera merah putih yang dicetak terbalik. Datuk Seri Mohamad Fuzi Harun berjanji hal yang tidak diinginkan seperti insiden tersebut tidak akan terjadi lagi di masa depan. (Seph – sisidunia.com)