Home » News » HUT RI Ke-72, Umar Patek Siap Menjadi Pengibar Bendera

HUT RI Ke-72, Umar Patek Siap Menjadi Pengibar Bendera



Sidoarjo – Warga Binaan Pemasyarakatan kasus terorisme, Umar Patek alias Hisyam bin Alizein yang kini menjadi warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Porong, Sidoarjo bakal tampil beda di Lapas Porong, Sidoardjo, (17/8/2017).

HUT RI Ke-72, Umar Patek Siap Menjadi Pengibar Bendera

Umar Patek

WBP kasus terorisme itu akan menjadi petugas pengibar bendera merah-putih pada upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-72.

Kepala Biro Humas Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Lilik Bambang menjelaskan Umar menjadi petugas pengibar bendera tanpa paksaan atau tekanan. Tindakan itu merupakan inisiatif dan kesadarannya sendiri.

Baca Juga : Bangga, Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 Sukses Jalani Uji Perdana

“Dia menjadi petugas pengibar bendera tanpa syarat apapun diberikan kepadanya. Ini murni karena Umar cinta kepada bangsa dan tidak ada perlakuan khusus diberikan kepadanya,” kata Lilik.

Umar Patek divonis pidana 20 tahun oleh PN Jakarta Barat pada 21 Juni 2012. Ia dinyatakan terlibat kasus Bom Bali I tahun 2002 serta bom malam Natal tahun 2000.

Umar Patek disebut-sebut sebagai gembong teroris internasional jaringan Al-Qaeda. Dia ditangkap di Kota Abbotabad, Pakistan, pada akhir Januari 2011. Sebelumnya dia diburu oleh aparat keamanan dari empat negara. Sedangkan Amerika Serikat memburu Umar Patek karena dianggap sebagai salah Teroris paling berbahaya.

Ini bukan kali pertama Umar menjadi pengibar bendera merah-putih dalam acara resmi di Lapas Porong Sidoarjo. Pada 2015 lalu, ia juga mengibarkan bendera ketika peringatan hari Kebangkitan Nasional.

“Dan menjadi petugas pengibar bendera  merah-putih di upacara Kemerdekaan Indonesia baru pertama kali dilakukannya,” tambahnya.

Lilik Bambang menambahkan Umar bersedia ikut menjadi petugas upacara Kemerdekaan Indonesia menunjukan upaya proses pembinaan terhadap warga binaan terorisme  di Lapas Porong oleh petugas Pemasyarakatan berjalan dengan baik. (seph – sisidunia.com)