Home » Sport » Liga 1 Didesak Robert Rene Untuk Gunakan VAR Saat Pertandingan

Liga 1 Didesak Robert Rene Untuk Gunakan VAR Saat Pertandingan



Jakarta โ€“ Dalam lanjutan liga 1 laga Persija Jakarta lawan PSM Makassar di kandang mereka Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (15/8/2017).

Liga 1 Didesak Robert Rene Untuk Gunakan VAR Saat Pertandingan

Robert Rene

PSM menjadi tim yang merasa dirugikan pada laga ini. Tercatat, ada dua keputusan wasit asing asal Iran yang dinilai keliru oleh tim kebanggaan provinsi Sulawesi Selatan itu.

Baca Juga : Chelsea Diminta Tak Memperpanjang Masalah Dengan Costa

Pertama, ketika wasit memberikan penalti kepada Persija. Padahal, pihak Juku Eja menilai pelanggaran terjadi di luar kotak penalti. Kedua, dianulirnya gol Willem Jan Pluim lantaran dinilai handsball.

Beberapa keputusan tersebut memunculkan rasa ketidakpuasan pelatih PSM, Robert Rene Alberts. Untuk itu, dia menilai jika Liga 1 harus segera menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR), agar kejadian seperti ini bisa diminimalisir.

“Sebelumnya, saya ungkapkan apa yang kita butuh adalah VAR. Jadi, wasit bisa mengambil keputusan dengan melihat atau memutar ulang rekaman,” ujar pelatih asal Belanda kepada wartawan usai pertandingan.

Saya sudah meltih selama 30 tahun. Dan kalau misalnya sistem itu sudah digunakan, kita seharusnya tidak mendapatkan penalti tersebut dan mendapatkan satu gol yang terakhir tadi,” jelasnya.

Selain itu, Alberts juga menyoroti keputusan wasit yang memberikan kartu kuning pada Pluim. Dia menilai itu adalah keputusan yang keliru karena pemain asal Belanda itu tak mengeluarkan sepatah kata pun yang sekiranya menyinggung keputusan wasit.

“Kekecewaan yang terbesar dan yang terburuk adalah Pluim mendapatkan kartu kuning yang di mana dia tidak mengatakan sesuatu apapun, tidak pergi ke wasit, tidak melakukan apapun ke wasit tapi dia dapat kartu kuning,” keluh Alberts.

Hasil imbang membuat PSM tertahan di posisi keempat dengan 35 poin. Sementara Persija masih berada di posisi keenam dengan raihan 32 poin.

(seph – sisidunia.com)