Home » News » Upacara Bendera di Pantai Pandawa Pecahkan Rekor

Upacara Bendera di Pantai Pandawa Pecahkan Rekor



Badung – Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI yang dilakukan Polda Bali bersama masyarakat pada Senin (14/8/2018) petang diwarnai dengan pemasangan bendera merah putih raksasa dengan panjang 400 meter di tebing Pantai Pandawa.Upacara Bendera di Pantai Pandawa Pecahkan Rekor Kegiatan bertema “Pandawa Merah Putih” ini digelar di tebing Pantai Pandawa, Uluwatu, Bali, dan tercatat dalam rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Sebanyak 72 pemanjat tebing yang berasal dari Brimob Polda Bali, Basarnas, BPBD Bali dan Mapala membentangkan bendera merah putih dengan panjang 400 meter dan tinggi 4 meter itu.

Penghormatan diiringi dengan lagu “Indonesia Raya” yang dinyanyikan oleh 1.000 pelajar yang mengenakan pakaian berwarna merah dan putih.

Dalam sambutannya, Kapolda Bali Irjen Pol Petrus R Golose, mengingatkan agar warga Bali tetap menjaga Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

“Perbedaan adalah kekayaan bangsa, oleh karena itu, kita harus tetap menjaga perbedaan itu sebagaimana founding father kita dulu,” kata Petrus.

Menurut Senior Manager MURI Awan Rahargo, bendera sepanjang 400 meter yang terpasang di tebing Pantai Pandawa itu tidak hanya memecahkan rekor Indonesia, namun juga rekor dunia.

“Dalam memperingati 17 Agustus, MURI mencatat peristiwa superlatif ini dalam kriteria MURI pemasangan kain Merah Putih terpanjang yang dipasang di tebing, 400 meter. Ini tidak hanya terpanjang di Indonesia, tapi juga rekor dunia,” kata Awan di Pantai Pandawa.

“Rekor lainnya yang ada bentangan bendera di sebuah pulau sepanjang 17,3 Km dan bendera terpanjang yang mengelilingi gedung 300 meter. Rekor di tebing ini tersendiri karena belum ada,” tambahnya.

(Seph – sisidunia.com)