Home » Techno » Tips Membuat Baterai Ponsel Kembung Kembali Normal

Tips Membuat Baterai Ponsel Kembung Kembali Normal



Jakarta – Baterai kembung memang membuat para pemilik smartphone atau hp menjadi susah karena dengan mengembungnya suatu baterai maka akan menimbulkan kemungkinan besar kesing belakang hp tidak akan bisa tertutup sempurna, di tambah lagi bisa berpikir 2x saat meng chargernya karena takut bisa-bisa baterai di dalam hp yang kita cas bisa meledak.

Tips Membuat Baterai Ponsel Kembung Kembali Normal

Gambar Ilustrasi

Namun untuk lebih jelasnya, kenali dulu apa yang menyebabkan baterai hp tersebut mengembung atau dalam bahasa masyarakat Hamil. Penyebabnya antara lain.

1. Mengecas hp terlalu lama.

Penyebab yang pertama iyalah mengecas hp yang terlalu lama, karena banyak masyarakat bahkan anak muda yang selalu menganggap hal sepele ini adalah hal biasa. Terlebih selain boros di bagian listrik, mengecas hp terlalu lama juga mengakibatkan pengisian baterai akan berlebihan yang meng akibatkan mengembangnya zat-zat kimia yang di dalam baterai secara perlahan-lahan dan mengakibatkan gejala kembungnya baterai hp yang kita miliki.

2. Bukan baterai Asli lagi.

Banyak orang yang sering mengganti baterai aslinya dengan baterai yang tidak asli lagi, namun dengan alasan dan sebuah kenyataan bahwa baterai asli yang di miliki sebuah ponsel sudah tidak berfungsi lagi. Dan kebanyakan orang sering tergiur baterai yang bukan asli dengan harga yang lebih murah.

Saya sarankan jangan tergiur di bagian yang murah melainkan pikir juga apa yang terjadi ketika membeli baterai tersebut dan apa dampaknya bagi si HP yang di miliki.Lebih baik membeli baterai yang sedikit mahal namun kualitas dan kuantitasnya jelas. Dari pada baterai murah namun bisa menyebabkan fatal pada HP kita sendiri salah satunya mengakibatkan meledaknya hp yang kita miliki seperti yang pernah di unggah kepada portal berita pada waktu lalu, hanya gara-gara baterai HP yang tidak ORI lagi.

3. Carger untuk ngecas tidak ORIGINAL.

Vaktor ini juga menyangkut pada penyebab baterai hp menjadi kembung karena dengan menggunakan carger yang tidak ori lagi maka arus listrik yang terhubung ke kabel yang akan di teruskan ke hp tidak akan berjalan optimal. Terkadang ada kecepatan arus carger yang cepat dalam pengisian atau bahkan ada yang lambat dan itu semua tentunya sudah di atur oleh pabrik sesuai tipe HPnya.

Kalau lambat, pasti arus masuknya akan lama dan bisa di pastikan waktu mengcas nya akan lebih lama, tapi kalau kecepatan maka arus yang masuk akan melebihi tingkat setandar hp tersebut dan bisa mengakibatkan baterai tidak optimal dalam pengisianya dan ahirnya baterai bisa menjadi kembung.

4. Penggunaan ponsel terlalu berlebihan.

Kebiasaan menggunakan ponsel mengakibatkan banyak yang menggunakan secara berlebihan terkadang banyak di antara kita menggunakan ponsel saja sampai tidak ada henti-hentinya kecuali malam pada waktu istirahat. Bahkan ketika kita sedang mengcargernya saja kita masih menggunakan ponsel tersebut untuk kegiatan yang sangat-sangat membuat ponsel bekerja keras dalam pengoprasianya misalkan saat meng carger kita sering menggunakanya sambil browsing, main game online, atau hal lain.

Hal tersebut pasti akan membuat ponsel bekerja lebih keras lagi dan ahirnya menyebabkan arus listrik yang masuk ke hp tidak seimbang atau lebih banyak arus yang keluar. Dan hal tersebut pasti akan membuat baterai ponsel tidak terisi secara optimal dan bila di lakukan dengan jangka waktu lama secara terus menerus akan menyebabkan baterai ponsel menjadi kembung.

“Terus, bagai mana cara mengatasi baterai HP yang sudah terlanjur kembung”.

Caranya juga cukup mudah dan kalian hanya cukup menyediakan peralatanya. Antara lain:

– Plastik Obat yang ada dratnya, atau sejenisnya.

– Baterai kembung yang mau di perbaiki.

– Siapkan Frezer Kulkas.

– Siapkan belahan papan kecil 10×25cm

– Siapkan satu lap kanebo (lap busa tipis motor)

“Bila sudah mendapatkan semua alat di atas kalian bisa memulai untuk memperbaiki, cara-caranya seperti di bawah ini”

– Masukan baterai kembung ke plastik yang sudah di sediakan dan pastikan drat pada plastik masih bisa tertutup rapat agar zat-zat kimia pada baterai tidak bisa menguap ke dalam kulkas yang bisa menyebabkan timbulnya racun-racun yang menyebar di dalam kulkas.

– masukan baterai yang sudah di masukan plastik ke kulkas frezer (pembeku es) selama kurang lebih 30-48Jam.

– Bila sudah sesuai waktu, kluarkan baterai dari kulkas dan diamkan sampai benar-benar menjadi seperti biasa lagi.

-Jika suhu sudah seperti biasa kembali siapkan papan dan lap kanebo.

Letakan baterai di atas lap kanebo dan tindihi papan di atasnya, pastikan papan rata dan mulus kemudian gerakan ke depan dan belakang terus menerus dengan menekanya sampai permukaan baterai yang mengembung kembali hampir sedia kala.

Bila baterai sudah hampir menjadi sedia kala silahkan cas menggunakan cas trol atau cas kodok dan isi baterai hingga penuh.

– Jika sudah penuh, silahkan pasang ke hp kembali dan rasakan bedanya. Namun bila baterai tidak bisa menghidupkan HP kembali silahkan coba 2-3x kembali.

Itulah tips dan trik dari kami silahkan mencoba. (seph – sisidunia.com)