Home » Gaya Hidup » Dompet Cepat terkuras, Walaupun Gaji Sudah Naik, Kok Bisa?

Dompet Cepat terkuras, Walaupun Gaji Sudah Naik, Kok Bisa?



Jakarta โ€“ Momen yang paling di tunggu โ€“ tunggu saat bekerja adalah menerima gaji. Selain menerima gaji, mendapat kenaikan gaji merupakan hal yang paling ditung โ€“ tunggu pula.

Dompet Cepat terkuras, Walaupun Gaji Sudah Naik, Kok Bisa?

Ilustrasi

Sayangnya tidak sedikit kejadian dimana seseorang sudah mendapatkan kenaikan gaji, namun justru mengalami pengeluaran yang semakin boros. Tidak dapat menabung lagi seperti biasanya.

Bagaimana bisa dompet cepat kosong, padalah gaji yang sudah didapat telah mendapatkan kenaikan?
Berikut akan dibahas penyebab dompet lebih cepat kosong, padahl gaji sudah naik.

1. Tidak pintar mengelola keuangan

Anda sering menambah โ€“ menambah hutang, nilai pokok dan bunga akan terus bertambah, jika Anda tidak segera melunasinya.

Saat mendapatkan kenaikan gaji sbaiknya Anda langsung lunasi hutang โ€“ hutang Anda tersebut dengan uang hasil kenaikan gaji Anda.

Dengan begitu Anda mampu menutup biaya bunga utang dengan segera. Banyak menumpuk utang hanya akan membuat beban pikiran.
Lebih baik hiduplah sedrhana tanpa utang, daripada hidup mewah penuh hutang.

2. Inflasi keuangan

Inflasi keuangan akan terus terjadi selama proses perekonomian terus berputar. Apa sebenarnya inflasi itu. Inflasi merupakan proses kenaikan harga barang dan jasa secara terus menerus sepanjang waktu. Apa bila 10 tahun yang lalu Anda dapat membeli permen 10 biji dengan harga Rp 10.000, maka sekarang Anda dengan uang yang sama hanya akan mendpatkan 2 permen saja.

Jika harga kebutuhan buan meningkat tinggi dari kenaikan gaji yang diperoleh. Jelas, Anda akan tekor , berati Anda harus mencari alternatif harga yang lebih murah agar bisa tetap berhemat.

Sekarang sudah banyak promo โ€“ promo di yang disediakan para toko โ€“ toko. Hal tersebut dapat Anda manfaatkan untuk dapat berhemat dalam berbelanja.

3. Beli hadiah yang berlebihan

Ketika Anda mendapat kenaikan gaji, jangan lah berpikir untuk membeli hadiah bagi diri anda sendiri dengan hadiah yang mahal. Jika anda tidak mampu mengontrol hal tersebut, maka dalam sekejap gaji Anda akan ludes. Berusahalah agar tidak berhutang demi memberi hadiah pada diri ssendiri. Berhutang itu akan mebuat beban pikiran Anda bertambah.

4. Gaya hidup meningkat

Dengan seiring berjalannya waktu, keinginan untuk meningkatkan gaya hidup akan muncul. Seperti , Anda biasanya saat pergi bekerja biasanya naik kendaraan umum, kini setelah ada kenaikan gaji Anda menggunakan kendaraan pribadi untuk pergi kekantor. Makan yang biasanya dikantin kantor yang murah meriah, sekarang setelah kenaikan gaji Anda makan di restoran atau cafe yang mahal.

Jika tidak dapat mengimbangi gaya hidup seperti itu, sudah pasti dompet Anda akan ludes dalam sekejap, meskipun gaji Anda sudah bertambah.

5. Pengeluaran Juga Ikut Naik

Jika gaji Anda naik sekitar 10 persen, usahakan pengeluaran Anda tidak lebih dari 10%. Kalau bisa tetap mempertahankan seluruh kebutuhan seperti ketika gaji Anda belum naik.

Lihat Juga: Akun Instagram Ini Menyedot Perhatian Netizen dengan Foto Seksi Anggota Tentara Wanita

Alokasikan saja kenaikan yang 10 persen tersebut untuk mengisi tabungan. Dengan begitu jumlah tabungan Anda akan semakin betmabh tiap bulannya dan akan menjadi hal yang menguntungkan bagi Anda juga nantinya.

Daripada menghabiskan gaji Anda untuk kebutuhan sesaat yang tidak begitu berarti, menabung untuk bekal pensiun nanti jauh lebih penting.
(Ciprobo-sisidunia.com)