Home » Hiburan » Berapa Sih Sebenarnya Pajak Mobil Koenigsegg CCX, Sampai Dirjen Pajak Ikut Berkomentar

Berapa Sih Sebenarnya Pajak Mobil Koenigsegg CCX, Sampai Dirjen Pajak Ikut Berkomentar



Jakarta – Sempat ramai dengan pemberitaan mobil mewah milik artis Raffi Ahmad. Mobil mewah Koenigsegg CCX merupakan mobil sport yang dibuat dalam jumlah terbatas. Harga yang dibandrol sekitar Rp 64 miliar.

ditjen pajak, raffi, koenigsegg, pajak

Raffi Ahmad dan Raditya Dika

Para nitizen juga ramai menanggapi cuitan Raditya Dika yang di balas oleh Dirjen Pajak RI. Dirjen Pajak RI mangingatkan Raffi Ahmad sebagi pemilik mobil mewah tersebut agar tidak lupa dalam membayar pajak. Serta melaporkan bila ada tambahan harta dalam SPT tahunan.

Semua orang merasa penasaran berapa sih sebenarnya pajak mobil Koenigsegg yang diperikarakan milik suami Nagita Slavina ini.

Ada beberpa yang biayanya memang besar. Yang paling besar adalah Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Perhitungan BBNKB bersarnya 10 persen dari harga kendaraan. Jika harga mobil tersebut mencapai Rp 64 miliar maka pajak yang harus dibayar adla 6,4 miliar.

Lalu, besaran PKB berdasarkan Permendagri No 29 tahun 2012 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Jumlah yang ditetapkan adlaah 1,5 persen dari nilai jual kendaraan. Bersifat menurun setiap tahunnya dikarenakan nilai jual yang selalu menyusut.

Jika Koenigsegg di anggap mobil keluaran terbaru. Berarti rumus yang dipakai adalah Rp 64 miliar X 1,5 persen X 1 (koefisiensi mobil sedan dari permendagri). Itu berati dalam perhitungan tersebut Raffi dikenakan biaya Rp 960 juta.

Lihat Juga: Pengalaman Melody JKT48 Berpuasa di Jepang

Belum lahi jika ada biaya tambahan seperti Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLI) dan biaya adminitrasi lainnya.

Rafii Ahmad membantah bahwa mobil terseut bukan miliknya. Mobil Koenigsegg tersebut hanya dittipkan dirumahnya oleh seorang temannya.

Bukan sekali ini saja artis – artis diajak untuk mencoba mobil mewah tersebut. Mobil sport mewah ini merupakan pabrikan Swedia, dibuat kshusu untuk Indonesia dengan stir kanan. Terlihat pertma kali diajang pamean Indonesia Internastional Motor Show (IIMS) april lalu.
(Ciprobo-sisidunia.com)