Home » Gaya Hidup » Unggah Foto Anak Di Sosmed, Eeiiiitt Tunggu Dulu Mom!

Unggah Foto Anak Di Sosmed, Eeiiiitt Tunggu Dulu Mom!



Jakarta โ€“ Para orang tua tentu bangga terhadapa anak mereka. Terutama bagi para ibu, tinghkah lucu sikecil selalu jadi momen berharga.

Unggah Foto Anak Di Sosmed, Eeiiiitt Tunggu Dulu Mom!

Ilustrasi

Tak ingin ketinggalan momen menggemaskan sikecil yang lagi lucu-lucunya, tak jarang para orang tua mengunggah foto buah hati mereka di media sosial. Tapi tunggu dulu, pikir ulang kembali jika ingin memposting foto anak di media sosial ya mom.

Rata โ€“ rata pada saat anak berusia 5 tahun, mereka memilki 1.500 foto dirinya di internet. Tak mengherankan jika si kecil memiliki jumlah foto yang fantastis didunia maya. Bagaiamana tidak saat sang baru lahir, para orangtua langsung sibuk memotret dan mengunggah si kecil ke media sosial.

Satu dari lima orangtua paling tidak sekali sebulan mereka mengunggah sebanyak lima foto buah hatinya. Yang paling rajin memamerkan foto buah hatinya kebanyakan bersal dari kalangan selebritis.

Kebiasaan mengunggah foto si anak sebenarnya sudah banyak pakar psikologi yang tak merekomendasikan hal tersebut.
Para ahli dari NSPC, sebuah organisasi terkemuka dari Inggris yang bergerak dalam bidang pencegahan kekerasan anak menyebutkan bahwa orangtua seharusnya berpikir ulang sebelum mengugah foto sikecil di internet.

Menurut juru bicara NSPCC yang dikutip BBC mengatakan bahwa, bagi anak yang masih sangat kecil, orang tua semestinya memikirkan apakah mereka akan bahgia jika fotonya di unggah atau justru anak merasa dipermaluka. Jika tidak yakin, sebaiknya orangtua jangan mengunggah foto anaknya.

YouGOV mensurvei lebih dari sepuluh orang tua mengeklaim bahwa mereka menghindari mengunggah foto maupun video buah hati mereka yang masih kecil demi menjaga privasi sikecil.

Sebanyak 38 persen dari 1000 orang tua yang disurvei mengatakan bahwa mereka akan kemungkinan anak โ€“ anak mereka merasa tak senag fotonya di unggh ke sosil media oleh orangtuanya. Sekitar 80 persen dari orang tua yang memilih mengunggah foto anaknya mengatakan mereka sangat membatasi siapa saja yang dapat melihat foto anaknya tersebut.

Menurut komisioner keamanan internet untuk anak, Alastair MacGibbon, menyatakan saat para orang tua menunggah foto aak di internet, secara tidak sadar mereka meningglkan jejak digital. Apapun yang diunggah ke media online, berarti orang lain dapat melihat dan mengakses dan material itupun tak lagi milik pribadi si orangtua lagi.

Seperti yang kita ketahui, orang lain dapat menduplikasi,menyimpan, bahkan menggunakan foto yang diunggah tanpa kita ketahui.

MacGibon juga menambahkan bahwa ditangan yang salah, foto yang tampak polos dan lugu dapat dibuat keluar dari konteksnya. Data pribadi seperi sekolah, usia, dan alamat rumah dapat terungkap hanya dari unggahan foto.

Dalam mencegah hal seperti itu dapat terjadi, MacGibon merekomendasikan bagi para orangtua untuk mengatur mode media sosial mereka menjadi privat, sehingga hanya orang tertentu saja yang dapat mengakses dan melihan unggahan mereka. Kemudian jangan pernah mengaktifkan lokasi tempat dimana foto itu diambil.

Terkait masalah keamanan, sebaiknya orang tua menghormati privasi buah hatinya. Di Perancir, parang ornag tua yang kedpatan mengunggah foto anaknya tanpa ijin sikecil akan dikenakan hukuman penjara dan denda sampai 67.000 dollar AS.

Lihat Juga: Suka Tato ? Ini Yang Harus Anda Perhatikan

Menurut MacGibon apa yang sebenarnya terlihat lucu dan membanggakan bagi orangtuanya bisa jadi dimata sang anak hal tersebut adalah hal yang memalukan. Dimana anak bisa saja mendapat komentar yang tidak baik, baik dari teman ataupun orang asing.

Sang anak biasanya tidak mengetahui jika diri mereka difoto oleh orangtuanya, kemudian foto tersebut diunggah ke media sosial. Yang mana semua orang dapat melihatnya.

Jadi bagi para orang tua, mulai sekarang hindari terlau sering mengunggah foto sabg buah hati. Agar keamanan dan privasi mereka terjaga.
(Ciprobo-sisidunia.com)