Home » News » Sosok Obat Penjerat Para Artis Dumolid, Apa Itu?

Sosok Obat Penjerat Para Artis Dumolid, Apa Itu?



Dunia selebritis selalu identik dengan kemewahan dan pergaulannya yang bebas. Walupun tidak semua artis masuk dalam dunia gemerlap keartisannya tersebut.

Sosok obat penjerat para artis Dumolid, Apa Itu?

Ilustrasi

Tak jarang kemewan para artis tersebut sering disalah gunakan. Salah satunya yakni terjerumus kedalam jerat obat – obatan terlarang.

Selebritis tanah air lagi – lagi terlibat kasus penyalahgunaan obat-obatan. Kini giliran Tora Sudiro dan Mieke Amalia di tangkap oleh kepolisian setempat akibat dugaan penyalahgunaan narkoba. Mereka telah di periksa terkait kasus tersebut.

Namun berita terbaru Tora dan sang istri Mieke bukanlah pemakai narkoba. Pasangan artis tersebut ternyata postif memakai zat psikotropika dengan merek dagang Dumolid.

Apa itu sebenarnya Dumolid, dan apa dampaknya bagi tubuh.

1. Dumolid sebenarnya merupakan obat dokter

Obat ini umumnya diresepkan oleh dokter bagi para pasiennya yang mengalami deprsi, cemas, serta insomnia berat. Obat ini termasuk jenis obat benzodiazepine. Penjualan obat ini sangat diawasi dengan ketat, karena menyebabkan peggunanya ketergantungan. Karena itu harus menggunkan resep dokter.

2. Kandungan Dumolid

Obat ini termasuk dalam psikotropika golongan IV, karena mengandung senyawa nitrazepam. Selain nitrazepam, yang masuk dalam psikotropika IV ada beberapa lagi, diantara aminorex, barbi clobazam, dll. Kandungan ini menyebabkan addtion atau ketergantungan ringan.

3. Manfaat Dumolid

Obat ini bukanhlah jenis narkoba murni, namum merupakan obat yang digunakan dalam dunia medis. Manfaat obat ini yakni memberikan sensasi tenang dan rileks. Karena itu manfaat obat tersebut banyak disalahgunakan. Kebanyakan obat jenis ini sering digunakan oleh kalangan millenial.

Tak heran jika Tora sudiro dan Mieke Amalia memilih menggunakan obat ini dan menyimpannya di rumah. Ini disebabkan keduanya merupakan artis yang mempunyai jam terbang tinggi dengan jam istirahat yang tak menentu. Obat jenis ini akan meningkatkan level energi mereka sehingga lebih bersemangat dalam melakukan aktivitas.

Lihat Juga: Selain HTI Djarot Sebutkan Ada Ormas Anti Pancasila Lagi

4. Efek ketergantungan akibat Dumolid

Seperti yang dibahas sebelumnya, Dumolid ini memebrikan efek ketergantunagn. Selain itu obat ini ternyata memiliki banyak efek samping yang mengerikan. Efek samping itu dapat membahayakan kesehatan tubuh, dan memicu beberapa komplikasi medis, antara lain:

– Gangguan emosi: orang yang meminum obat ini akan mengalami perubahan suasan hati yang ekstrem. Mereka bisa merasa sangat bahagia dan bersemngat lalu beberapa jam dapat berubah menjadi merasa cemas, sedih dan depresi berlebih.

– Kemampuan berbicara yang tidak terkoordinasi: biasanya mereka yang mengonsumsi obat ini cenderung sering berguman. Ketidak sinkronan arus pembicaraan, pelafalan kata yang tidak jelas penyebab terjadinya orang berguman tidak jelas.

– Bingung dan disorientasi: obat ini menimbulkan efek bingung dandisorientasi (tidak tahu arah). Hampir serupa dengan efek mengkonsumsi minuman keras. Oleh karena itu penggunaan obat ini harus dengan ijin dan pengawsan dokter.

– Terganggunya memori dan fungsi otak: nitrazepam yang terkandung dalam obat ini dapat memicu penurunan fungsi otak, yang akan mebuat susah berkonsentrasi, mudah lupa dan sulit mengingat detail. Waulaupun obat ini mampu memberikan peningkatan level energi, ingat efek samping yang mengerikan tersebut ya!

– Terganggunya ritme pernafasan hingga penurunan tekanan darah merupakan efek lain dari obat ini.
Dengan penjelasan tentang Dumolid, sebaiknya Anda berhati –hati jika ingin mengunakannya. Bicarakan dengan dokter dan tetap dalam pengawasannya.
(Ciprobo-sisidunia.com)