Home » Gaya Hidup » Orangtua Pencandu Narkoba, Anak Alami Trauma

Orangtua Pencandu Narkoba, Anak Alami Trauma



Jakarta – Anak pencandu narkoba sering menjadi korban orang tuanya sendiri. Kepribadian seorang pencandu berubah – ubah. Tak jarang mereka menyangkal kecanduannya dan menyalahkan orang lain.

Orangtua Pencandu Narkoba, Anak Alami Trauma

Ilustrasi

Bisa dibayangkan hidu bersama orang kecanduan narkoba seprti hidup dalam medan perang. Kondisinya tak menentu, dan anak – anak yang tak berdaya hanya bisa pasrah terhadap orang tua merka yang kecanduan.

Anak – anak yang hidup dalam keadaan orang tua merka merupakan seorang pecandu, dituntut untuk menyangkal apa yang mereka lihat, ketahui dan rasakan.

Sebagian besar anak – anak yang hidup dalam lingkungan tersebut menyangkal jika orang tuanya mempunyai masalah ketergantungan. Itu memberikan beban psikologi bagi merka yang masih kecil.

Anak – anak yang mempunya orang tua pencandu sering kekurangan kasih sayang, perlindungan, bahkan mereka sering diabaikan. Anak – anak terseut juga menjadi sasaran fisik bagi orangtuanya.

Mereka sering dihantui rasa bersalah dan kesepian akibat tingkah orangtuanya yang kecanduan narkoba. Seringkali mereka juga malu mengakui keadaan kondisi keluarganya.

Anak – anak akan terus hidup dalam ketakutan dan belajar tanda – tanda bahaya, dikarenakan sikap seorag pecandu sulit diprediksi. Mengalami kecemasan konstan sampai dewasa.

Lihat Juga: Bergaji Lebih Tinggi Dari Pasangan Cenderung Akan Selingkuh

Mereka pun sulit mempercayai orang lain dan terbiasa menyangkal apa yang mereka rasakan. Menumpulkan emosinya adalah hal yang paling ekstrem yang mereka lakukan.

Hampir semua ank – anak yang memiliki orang tua pecandu akan mengalami trauma, sindrom stres ascatrauma (PTSD) dengan kenangan yang menyakitkan.

Menurut penelitian trauma masa kecil dapat menyebabkan kesehatan yang buruk setelah mereka dewasa.
(Ciprobo-sisidunia.com)