Home » News » Mentan Pastikan Stok Beras Aman di Musim Paceklik

Mentan Pastikan Stok Beras Aman di Musim Paceklik



Bandung โ€“ Amran Sulaiman Menteri Pertanian menuturkan bahwa hasil panen pada bulan April sampai September memberikan hasil yang bagus. Ini akan menjadi modal bagus bagi para petani menjelang musim paceklik.

Mentan Pastikan Stok Beras Aman di Musim Paceklik

Ilustrasi

Dalam acara Panen Raya di Ciparay, Kabupaten Bandung, Sabtu 5/8/2017 siang Amran mengatakan bahwa ia mengakui panen beras dam tiga bulan terkahir ini sangat bagus kualitasnya. Capain ini harus dioptimalkan lagi agar di bulan Desember tidak terjadi paceklik.
Di Jawa Barat pada periode bulan Juli, Anam menyatakan jumlah panen telah mencapai target yakni mecapai 1 juta hektar. Ini merupakan peningkatan yang bagus dikarenakan dahulu hanya 500ribu hektar lahan yang dipanen perbulannya.
Agsutus dan September diharapkan bisa mencapai 1juta hektar lahan yang dipanen, jika ini berjalan baik maka tidak akan ada paceklik menurut Anam.

Pada medio November, Desember, dan januari merupakan bulan โ€“ bulan rawan berkurang panen dan paceklik.

Untuk mengatasi paceklik Kementan melakukan langkah sederhana yaitu sistem dan strategi dibangun pada Juli, Agustus, dan September. Dalan bulan โ€“ bulan tersebut tidak boleh jumlah tanaman panen petani dibawah 1 juta hektar.

Anam mencontohkan jika hasil panen hanya 500 hektar maka jika dikali prodduksi beras per hektar panen sebanyak 6 ton, hanya ad 3juta ton dengan asumsi kurang hasil. Lalu ada 1,5 juta ton beras padah yang dibutuhkan sekitar 2,6 juta ton.

Lihat Juga: Seorang Pengungsi Suriah Hamil Diperkosa Lalu Dibunuh

Oleh karena itu dengan menanam 1 juta hektar padi, aka ada 3juta ton yang bisa dihasilakan menjadi beras. Itu merupakan 400ribu ton lebih banyak dari kebutuhan perbulan yang hanya 2,6juta ton.

Jika surplus terus, maka tidak akan ada paceklik, dan harga beras bisa stabil.
(Ciprobo-sisidunia.com)