Home » News » Angka Perceraian Pasangan Muda di Balikpapan Cukup Tinggi

Angka Perceraian Pasangan Muda di Balikpapan Cukup Tinggi



Balikpapn – Pernikahan merupakan hal yang sakral dan setiap pasangan yang menikah berharap pernikahan tersebut terjadi hanya sekali dalam hidup mereka. Tetapi tak jarang, banyak pasangan yang telah menikah memilih berpisah atau bercerai.

Angka Perceraian Pasangan Muda di Balikpapan Cukup Tinggi

Ilustrasi

Di Balikpapan, Kalimantan Timur tingkat perceraian sangat tinggi. Ratusan pasangan bercerai setiap bulan menurut data Pengadilan Agama (PA) kelas 1A.

Menurut Ketua Majelis Pengadilan Agama Balikpapan Amir Husin, perceraian banyak terjadi pada pasangan yang berumur berkisar 20 โ€“ 30 tahun saat dilansir Prokal, Rabu 2/8/2017. Pasangan yang telah bercerai tersebut masih tergolong muda.

Lihat Juga: Diduga Menyebarkan Kebencian Terhadap Agama Islam Pria Ini Diringkus Polisi

Amir juga menambahkan kasus pengajuan perceraian telah di putus pada bulan Juli lalu. Terhitung sebanyak 1.226 kasus percerain yang telah diputus.

Mayoritas pasangan yang bercerai berkisar pada usia 25 tahun. Penyebab pasangn muda tersebut bercerai pun beragam, menurut Amir.
Dari mulai masalah perselingkuhan, perselisihan yang tak unjung usai sampai hal โ€“ hal sepele yang menjadi pemicu perceraian.

Amir menambahkan bahwa, pasangan cerai tersebut masih labil emosinya, mereka masih belum siap mental dalam membangun rumah tangga. Hal ini berdasarkan umur mereka yang masih 20 โ€“ 25 tahun kondisi ego masing โ€“ masing masih sangat tinggi, merasa yang paling benar dan tidak mau mengalah.

Mayoritas penggugat cerai atau pemohon kebanyakan dari pihak wanita. Semakin meningkat dari tahun ke tahun dan seperti menjadi tren pada akhirnya.

Kesibukan perempuan masa kini yang memiliki pendidikan tinggi karena aktivitasnya yang seabrek, membuat merka enggan berada di dapur lagi
(Ciprobo-sisidunia.com)