Home » News » Erupsi 4 Kali, Gunung Sinabung Luncurkan Awan Panas Sejauh 3 Km

Erupsi 4 Kali, Gunung Sinabung Luncurkan Awan Panas Sejauh 3 Km



Medan – Belum ada tanda-tanda aktivitas Sinabung kembali normal hingga kini. Bahkan, sejak Selasa (1/8/2017) malam hingga Rabu (2/8/2017) pagi, Sinabung meluncurkan awan panas sebanyak empat kali.

Erupsi 4 Kali, Gunung Sinabung Luncurkan Awan Panas Sejauh 3 Km

Gunung Sinabung Erupsi

Dari laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), aktivitas Sinabung tadi malam adalah yang paling berbahaya selama 1 bulan terkahir.

Kepala Pos PGA Sinabung, Armen Putra mengatakan, luncuran awan panas itu terjadi pada 18.48 WIB dengan meluncurkan awan panas sejauh 3.000 meter atau 3 kilometer ke arah timur-tenggara dan lama gempa 234 detik.

Erupsi kedua terjadi pada pukul 20.51 WIB. Awan panas meluncur sejauh 3 kilometer ke arah tenggara timur. Angin kencang ke arah timur tenggara dan lama gempa 342 detik.

Lalu erupsi ketiga terjadi pada pukul 00.13 WIB. Awan panas meluncur sejauh 3 kilomter ke arah tenggara timur dengan lama gempa 337 detik.

Bahkan pagi ini, erupsi kembali terjadi pada pukul 08.09 WIB yang meluncurkan awan panas sejauh 3 km ke arah tenggara-timur. Angin sedang ke arah selatan dan lama gempa 293 detik.

Dia menjelaskan, pihaknya terus memantau aktivitas gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara itu dari CCTV dan Thermal Cam milik PVMBG – Badan Geologi.

“Masyarakat dan wisatawan jangan melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak, dan dalam jarak 7 km untuk sektor selatan-tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor tenggara-timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor utara-timur Sinabung,” imbau Armen.

(seph – sisidunia.com)