Home » Gaya Hidup » Penting, Menggandeng Pasangan Memberikan Manfaat Kesehatan Bagi Anda

Penting, Menggandeng Pasangan Memberikan Manfaat Kesehatan Bagi Anda



Jakarta – Memiliki pasangan pada era saat ini sudah menjadi hal biasa. Berganti – ganti pasangan pun juga sudah biasa.

Penting, Menggandeng Pasangan Memberikan Manfaat Kesehatan Bagi Anda

Ilustrasi

Mengumbar kemesraan di depan publik sudah bukan hal yang tabu lagi. Bergandengan tangan salah satu kontak fisik yang sering dilakukan oleh sepasang kekasih untuk mengumbar kemesraan merka. Jatuh cinta membuat seseorang selalu ingin bersentuhan dengan pasangannya.

Ternyata bergandengan tangan memiliki manfaat positif untuk membangun hubungan yang baik. Bergandengan tangan mampu memberikan rasa aman dan dapat mengurangi rasa sakit.

Menurut studi yang dilakukan di Colorado University’s Cognitive and Affective Neuroscience Lab, menemukan bahwa bergandengan tangan berkhasiat mampu mengurangi rasa sakit. Ini dapt dibuktikan melalui srangkaian tes.
Serangkaian tes tersebut dilakukan kepada 22 pasangan (heteroseksual) dengan memantau irama antara detak jantung dan pernapasan mereka ketika pasangan mereka merasakan sakit.

Terdapat eksperimen yang dilakukan oleh Pavel Goldstein, Irit Weissman-Fogel, dan Simone G.Shamay-Tsoory yang berhubungan dengan rasa sakit yang dialami oleh pasangan. Eksperimen ini dimulai dengan memasang alat pemantau detak jantung (ECG) dan alat untuk menghitung tingkat pernapasan kepada masing – masing pasangan.

Lalu, peneliti memberikan efek sakit/kurang nayaman (tidak sampai melukai) kepada pasangan wanita berupa panas pada bagian lengan.

Lihat Juga: Daun Pepaya Ternyata Memiliki Banyak Manfaat

Pada tahap uji coba pertama ini, si pasangan pria dipersilahkan duduk berhadapan dengan pasangan wanitanya tanpa bergandengan tangan. Alhasil, para wanita yang sedang mersakan sakit tidak meiliki sinkronisasi yang baik dengan pasangn prianya baik dari segi detak jantung maupun pernapasan.

Namun, pada saat mereka diperbolehkan untuk bergandengan tangan dengan pasangannya. Secara tak terduga, terjadinya sinkronisai anatara pasangan yang begitu cepat. Sama seperti sebelumnya sinkronisasi ini meliputi sinkronisasi detak jantung dan pernapasan.

Dari hasil ekperimen tadi dapat disimpulkan bahwa, pasangan yang melakukan aktifitas bergandengan tangan bisa memberikan dampak yang luar biasa untuk mdapat mengurangi rasa sakit yang dialami pasangannya.

Kunci yang terkuat menurut studi tersebut menyebutkan rasa empati yang dimiliki oleh pasangan pria yang disalurkan kepda psangan wanitanya memberikan pengurangan rasa sakit.
(Ciprobo-sisidunia.com)