Home » Ekonomi & Bisnis » Mie Instan Asal Indonesia Menjadi Makan Favorit di Nigeria

Mie Instan Asal Indonesia Menjadi Makan Favorit di Nigeria



Jakarta – Mie instan, siapa yang tak suka. Hampir sebagian masyarakat Indonesia menyukai mie instan. Dari mie instan goreng ataupun kuah tersaji dalam berbagai banyak rasa.

Mie Instan Asal Indonesia Menjadi Makan Favorit di Nigeria

Indomie-Nigeria

Selain masyarakat Indonesia yang doyan sekali menyantap mie instan, teryata produk mie isntan asal Indonesia “Indomie” juga populer di Afrika. Bahkan di Nigeria, Indomie menjadi makanan sejuta umat.
Enggartiasto Lukita, Menteri Perdagangan (Mendag), baru saja kembali dari Nigeria. Ia mengagumi popularitas mie instan asal Indonesia itu.

Saat jumpa pers di Jakrta, Senin 31/7/2017 Enggartiasto mengatakan, “mulai dari masyarakat bawah sampai atas, itu luar biasa indomie, dijadikan makanan sehari-hari”.

Menurut situs resmi Indomie Nigeria yang dikutip oleh Kompas.com Mei lalu, Indomie telah menguasai 74 persen pangsa pasar di Nigeria dengan pertumbuhan tahunan mencapai 40 persen.

Baca juga: Harga Cabai Mulai Naik, Bawang Merah Stabil

Mie instan asal Indonesia ini sempat di klaim sebagai merek Nigeria, sangking laris manisnya di sana. Popularitas Indomie hampir setara seperti Indonesia. Menteri Perdaganga tidak mempersoalkan hal tersebut. Lantaran sudah jelas dan banyak pihak tau bahwa Indomie adalah produk makanan berbasi mie asal Indonesia.

Nigeria merupakan pangsa pasar yang besar bagi produk asal Indonesia ini. Dikarenakan negara terbesar di Afrika Barat tersebut memiliki jumlah polulasi sekitar 180 juta penduduk. Terdapat 16 produsen mie instan di Nigeria. Indomie dipandang produk yang mendominasi sektor pangan disana.

Pemerintah menyatakan siap mengekspor salah satu bahan baku pembuatan produk Indomie yaitu minyak sawit mentah (crude palm oil /CPO), guna mendukung produksi Indomie di Nigeria. Sebab, di Nigeria produksi CPO belum berkembang pesat seperti di Indonesia.

Indomie seleraku, yang merupakan jargon khas Indomie membuktikan bahwa Indomie memang selera semua orang termasuk Nigeria. Indonesia patut berbagga diri atas terkenalnya salah satu produka makanan berbasis mie di negara tetangga.
(Ciprobo-sisidunia.com)