Home » News » Gembong Kejahatan Siber China dan Taiwan Kelabui Korban Hingga Rp 6 Triliun

Gembong Kejahatan Siber China dan Taiwan Kelabui Korban Hingga Rp 6 Triliun



Jakarta – Keuntungan para pelaku penipuan siber internasional yang berasal dari China dan Taiwan dalam aksinya mencapai triliunan.

Gembong Kejahatan Siber China dan Taiwan Kelabui Korban Hingga Rp 6 Triliun

Ilustrasi

“Total kerugian dari kejahatan ini saat ini hampir mencapai 6 Triliun,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rikwanto kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Senin (31/7/2017).

Baca juga : Astaga, Pernikahan 2 Pria Ini Membuahkan Bayi Laki-laki

Jumlah tersebbut merupakan hasil dari aksi yang dilakukan sejak awal 2016.

Para pelaku dengan modus mengincar korban yang memiliki masalah dengan hukum. Mereka mengaku sebagai polisi sebagai Jaksa dan mencoba mencarikan solusi dengan imbalan.

“Beberapa dari korban ini sudah terperdaya dan telah memberikan sejumlah uang ke rekening tertentu yang sudah mereka tetapkan,” kata Rikwanto.

Awal terungkapnya kasus ini setelah beberapa korban melaporkan ke Kepolisian di RRC, dan menelusuri pelakunya ada di Indonesia. Kemudian pihak Kepolisian RRC menginformasikan kepada Polri untuk ikut membantu mencari pelakunya.

Setelah itu, Satuan Tugas Khusus Bareskrim Polri menindak lebih dari 100 warga negara China dan Taiwan di Bali, Jakarta Selatan, dan Surabaya, Sabtu (29/7/2017). (seph – sisidunia.com)