Home » Gaya Hidup » Anak Gemuk? Atur Pola Makan Sehat ya Bu.

Anak Gemuk? Atur Pola Makan Sehat ya Bu.



Jakarta – Siapa yang tak senang memiliki anak yang sehat bertumbuh kembang dengan baik. Setiap orang tua pasti menginginkannya.

Anak Gemuk? Atur Pola Makan Sehat ya Bu.

Ilustrasi

Anak yang terlihat gemuk sangat mengemaskan dan terlihat sehat. Namun jangan terkecoh ya, anak gemuk belum tentu sehat lo. Jika anak terlalu gemuk dan tidak terkontrol, bisa mengakibatkan dampak buruk seperti obesitas. Perlunya perhatian orang tua untuk mulai mengenalkan pola makan sehat untuk anak.

Dr.dr. Damayanti Rusli Sjarif, Sp.A(K) mengatakan, anak yang terlanjur berat badannya berlebih/gemuk tidak boleh melakukan diet. Pola makan harus tetap tiga kali sehari yakni pagi, siang, dan malam hari.

Dalam sehari, Damayanti menyarankan kombinasi lemak, karbohidrat, dan protein daging itu penting, saat di wawancara oleh Kompas Lifestyle pada diskusi yang di gelar Philips AVENT di Thamrin Nine, Jakarta Pusat, Senin (31/7/2017).
Damayanti juga mengingatkan agar tidak terlalu memaksa anak untuk menghabiskan makanannya. Bila anak sudah berhenti makan saat Anda memaksanya terus menerus menghabiskan makanannya, berarti anak Anda sudah kenyang. Jangan dipaksa lagi untuk menghabiskan makanannya.

Sebenarnya yang mebuat anak memiliki berat badan berlebih adalah camilannya bukan makanan utamanya. “Yang bikin gemuk bukan makanan, tapi camilan yang banyak itu. Camilan tadi di ganti buah. Buah kan kenyang tapi air melulu” kata dia.

Jadi sebaiknya makanan ringan anak di ganti dengan buah. Konsumsi buah yang di ajurkan adalah di potong atau buah yang di konsumsi segar bukan buah yang di jus. Pilihan buah juga harus diperhatikan.

Menurut Damayanti buah yang tak di anjurkan bagi bagi anak gemuk yaitu buah pisang, alpukat dan duren dikarenakan memiliki kalori yang tinggi. Nah, para orang tua mulai diperhatikan kan ya konsumsi buah hati Anda. Selain camilan diganti buah ajarkan anak Anda untuk suka minum air putih ya.
(Ciprobo-sisidunia.com)