Home » News » Begini Cara Raja Thailand Baru Merayakan Ulang Tahunnya

Begini Cara Raja Thailand Baru Merayakan Ulang Tahunnya



Bangkok – Rakyat Thailand tengah merayakan ulang tahun ke-65 raja barunya, Maha Vajiralongkorn pada Jumat (28/7/2017). Acara perayaan tersebut dilakukan dengan upacara keagamaan besar dan berbagi sedekah di berbagai penjuru negeri. Namun, perayaan ulang tahun raja saat ini tidak seperti sebelumnya, dalam kesempatan ini, Maha Vajiralongkorn tidak akan muncul dan memberikan pidato kepada rakyatnya.

Begini Cara Raja Thailand Baru Merayakan Ulang Tahunnya

Maha Vajiralongkorn

Dilansir Reuters, Jumat (28/7/2017), Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha dan beberapa pejabat pemerintah mengadakan pembagian sedekah kepada 651 biksu Budha di Royal Plaza, Bangkok. Kegiatan serupa juga digelar di berbagai balai kota di seluruh negeri dan Kedutaan Besar Thailand di berbagai negara untuk memperingati hari ulang tahun sang raja.

Baca juga : Peringatan Hari Kemenagan Korut Diwarnai Tangisan Dan Hujan Badai

Ulang tahun Raja selalu menjadi tanggal penting di Thailand, sebuah negara di mana keluarga kerajaan dihormati oleh mayoritas rakyat Thailand. Beberapa organisasi swasta dan kantor pemerintah bahkan telah mulai menyelenggarakan berbagai acara dan upacara keagamaan sejak Rabu (26/7/2017).

Raja sebelumnya, Bhumibol Adulyadej yang mangkat pada Oktober 2016 biasanya muncul di hadapan publik pada hari ulang tahunnya dan menyampaikan pidato mengenai pemikirannya terhadap isu-isu yang sedang terjadi di Thailand. Namun, Maha Vajiralongkorn yang belum memiliki kepopuleran seperti ayahnya dilaporkan tidak akan melakukan muncul dan berpidato tahun ini.

Sebelum dinobatkan sebagai Raja Thailand pada November 2017, Vajiralongkorn lebih banyak di luar negeri beberapa tahun belakangan. Hal itu tetap diteruskan bahkan setelah dia bertahta. (bens – sisidunia.com)