Home » Techno » Robot Belut Ini Dapat Mendeteksi Bahan Kimia di Dalam Air

Robot Belut Ini Dapat Mendeteksi Bahan Kimia di Dalam Air



Bern – Bukan hal baru lagi kemampuan untuk mengukur tingkat polusi dalam air. Manusia telah menemukan berbagai cara dan alat untuk melakukannya.

Robot Belut Ini Dapat Mendeteksi Bahan Kimia di Dalam Air

Robot belut

Tahun depan sepertinyasegala sesuatunya dapat dikerjakan lebih efisien berkat robot “belut” yang bisa mendeteksi polusi di air. Robot “belut” ini menjadi unik karena sepenuhnya modular.

Artinya, tubuh robot tersebut terdiri dari berbagai sensor yang bisa mengukur kualitas air, suhu, dan hal lainnya yang dapat mengurangi polusi di air.

Dikutip dari Ubergizmo, Rabu (26/7/2017), robot “belut” tersebut bersifat mudah beradaptasi. Mulai dari panjang tubuh robot tersebut hingga jumlah sensor yang ingin digunakan sesuai dengan lokasi di mana robot tersebut akan digunakan.

Sebagai contoh, beberapa sensor pada tubuh robot tersebut bisa digunakan untuk mengukur hal-hal seperti konduktivitas dan suhu air. Sementara sensor lain memungkinkan mendeteksi bahan kimia yang terkandung dalam air tersebut.

Adapula sensor yang berbasis biologis seperti sel ikan yang ada di dalam air tersebut, hingga terdapat sensor yang memungkinkan menghitung seberapa banyak polusi racun yang ada di dalam air tersebut.

Nantinya data yang terkumpul oleh robot “belut” tersebut akan dikirimkan secara real-time ke dalam komputer yang memprogram robot itu.

Robot tersebut dapat diprogram untuk mengikuti alur tertentu atau bisa diprogram untuk melacak polusi di dalam air. Sejauh ini pengujian sensor fisik dan kimia telah berhasil. Dan, rencananya pengujian untuk sensor biologis akan dilakukan pada musim panas ini. (bens – sisidunia.com)