Home » News » Karena Menipu PNS Wanita Ini Diringkus Polisi

Karena Menipu PNS Wanita Ini Diringkus Polisi



Jakarta –  Karena diduga telah melakukan penipuan berkedok seminar keagamaan, seorang perempuan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementerian Agama RI diamankan polisi.

Karena Menipu PNS Wanita Ini Diringkus Polisi

Gambar Ilustrasi

Kanit Reskrim Polsek Duren Sawit AKP Nevo Suharjendro mengatakan, semula tersangka Dewi Susilawati yang merupakan PNS di Kementerian Keagamaan pada pertengahan Januari 2016 membujuk korban Wisma Kusmaya seorang ibu rumah tangga untuk ikut dalam Seminar PKUB (Persatuan Kerukunan Umat Beragama), Studi Banding, dan Out Bond yang diselenggarakan oleh Kementerian Keagamaan.

Baca Juga : Bukti Keterlibatan Kasus Suap Pajak Telah Dikantongi KPK

Korban diminta menyerahkan uang sebesar Rp 1,27 miliiar dan dijanjikan keuntungan sebesar 5% yang akan diberikan setiap bulan.

“Karena tertarik kemudian secara bertahap korban Wirma Kusmaya mentransfer uang sesuai yang diminta pelaku secara bertahap sejak 12 Februari 2016 hingga 15 April 2016,” kata Nevo, Selasa, (25/7/2017).

Karena tidak pernah mendapat keuntungan seperti yang dijanjikan pelaku dan merasa ada kejanggalan, kemudian korban melakukan pengecekan langsung ke Kementerian Agama RI dan ternyata kegiatan tersebut tidak dibiayai oleh negara.

Diduga korban sudah melakukan penipuan terhadap beberapa orang dengan modus yang sama.

“Uang milik korban ini ternyata digunakan untuk membayar kerugian kepada korban lainnya lagi dan seterusnya. Ya gali lobang tutup lobang,” jelas Nevo.

Pelaku sempat mengembalikan uang korban yang dibayar secara bertahap namun hanya sebesar Rp262,2 juta, merasa dirugikan akhirnya korban melaporkan ke Polsek Duren Sawit. “Saat ini pelaku sudah kami tahan,” tandas Nevo.

Kini korban harus mempertanggungjawabkan perbuatannya dengan diancam Pasal 378 KUHP dan Pasal 372 KUHP tentang Penipuan dan Penggelapan dengan ancaman hukuman 4 tahun kurungan penjara.

(seph – sisidunia.com)