Home » News » Seorang Pria Yang Diduga Pelaku Pembakaran Lahan Sawit Diamankan Aparat

Seorang Pria Yang Diduga Pelaku Pembakaran Lahan Sawit Diamankan Aparat



Aceh – Seorang yang diduga bertanggung jawab atas kebakaran lahan kebun sawit di Duson Ujong Beurasok, Kabupaten Aceh telah diamankan Aparat Kodim 0105 Kabupaten Aceh Barat .

Seorang Pria Yang Diduga Pelaku Pembakaran Lahan Sawit Diamankan Aparat

Gambar Ilustrasi

Dua buah ban bekas, minyak solar, oli, dan satu unit mesin chainsaw diamankan Apart Kodim sebagai barang bukti dari tangan tersangka.

Baca Juga : Kebakaran Metromini Depan Bundaran HI Belum Diketahui Sebabnya

“Saat terjadi kebakaran lahan, tersangka sedang berada di lokasi membersihkan lahan,” kata Danramil Johan Pahlan, Kodim 0105 Kabupaten Aceh Barat, Kapten Sudarsono kepada wartawan, Minggu (23/7/2017).

Menurut Sudarsono, kebakaran lahan kebun karet yang telah ditebang dan kering itu terjadi sekitar pukul 11.00 WIB.

Saat anggota TNI tiba di lokasi kejadian, api terus membesar dan menjalar hingga mendekati rumah penduduk. Aparat TNI hanya memadamkan api seadanya dengan cara manual.

“Setelah dilakukan upaya pemadaman secara manual tidak berhasil kemudian langsung menghubungi BPBD untuk menurunkan damkar (pemadam kebakaran),” katanya.

Pada saat itu, anggota Kodim 0105 melihat Iwn yang sedang membersihkan lahan dengan cara memotong batang karet yang telah ditebang menggunakan gergaji mesin. Bersamanya juga ditemukan dua ban sepeda motor bekas, minyak solar, dan oli.

Sudarsono menyebutkan, kebun yang terbakar itu milik Amr, seorang PNS yang bertugas di Aceh Jaya.

Setelah dihubungi, pemilik lahan mengatakan dugaannya bahwa yang bakar lahan itu adalah Iwn, pekerja untuk membersihkan kebunnya itu.

Adapun Iwn yang diamankan anggota Kodim mengaku tidak mengetahui kebakaran kebun itu. Ia berdalih bahwa lahan sudah terbakar saat ia tiba di lokasi tersebut..

“Bukan saya yang bakar karena tadi saat saya tiba kelokasi dari lahan sudah duluan terbakar dan mengeluarkan asap,” ujarnya.

Iwn mengaku sudah bekerja di kebun karet seluas 2 hektar itu sejak awal Ramadhan lalu. Ia dipekerjakan sejak penebangan batang karet hingga melakukan pembersihan untuk penanaman kembali.

Untuk menjalani proses penyelidikan lebih lanjut, saat ini Iwn dan barang bukti diserahkan ke Polsek Johan Pahlawan .

(seph – sisidunia.com)