Home » News » Gempa 5,4 SR di Kabupaten Parigi Moutong Akibat Subduksi Laut Sulawesi

Gempa 5,4 SR di Kabupaten Parigi Moutong Akibat Subduksi Laut Sulawesi



Manado – Gempa berkekuatan 5,4 skala richter mengguncang Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, Minggu (23/7/2017) pukul 14.55.55 WIB diakibatkan subduksi laut Sulawesi.

Gempa 5,4 SR di Kabupaten Parigi Moutong Akibat Subduksi Laut Sulawesi

Ilustrasi

“Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi laut Sulawesi dengan mekanisme oblique thrust, yaitu penyesaran kombinasi mendatar-naik,” kata Kepala Stasiun Geofisika Manado Irwan Slamet mengutip Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Drs Moch Riyadi MSi.

Hingga pukul 15.31 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Parigi Moutong dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini episenter terletak pada koordinat 0,27 LU dan 120,17 BT atau tepatnya di darat pada jarak dua kilometer arah utara Kota Marisa pada kedalaman 68 kilometer.

Dampak gempa yang didasarkan pada peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG menunjukkan bahwa beberapa wilayah berpotensi mengalami guncangan antara lain di Tolitoli pada skala intensitas II SIG-BMKG atau III MMI, Parigi II SIG-BMKG atau III-IV MMI, Palu I SIG-BMKG atau II MMI dan POSO II SIG-BMKG atau III MMI.

Dampak gempa berupa guncangan ini sesuai dengan laporan masyarakat, katanya. (bens – sisidunia.com)