Home » News » Jokowi Ditaggih Hadiah oleh Mahasiswa Terkait Bisa Menjawab Pertanyaan

Jokowi Ditaggih Hadiah oleh Mahasiswa Terkait Bisa Menjawab Pertanyaan



Jakarta – Jika bicara tentang kunjungan presiden Jokowi pada masyarakat pasti akan memberikan kejutan pada setiap kunjungannya. Kali ini orang nomer satu di Indonesia itu membuka acara Kongres Pancasila IX UGM di Halaman Balairung UGM, Yogyakarta, presiden RI ketujuh tersebut juga memberi pertanyaan pada para peserta Kongres Pancasila.

Jokowi Ditaggih Hadiah oleh Mahasiswa Terkait Bisa Menjawab Pertanyaan

Presiden Jokowi

Setelah menyampaikan amanat selama 10 menit, mantan Walikota Solo itu melemparkan sebuah pertanyaan kepada para mahasiswa yang hadir. Ia meminta seorang mahasiswa maju dan menjawab 10 dari 714 suku yang ada di Indonesia.

Baca Juga : Polsek Bojoggede Berhasil Meringkus Komplotan Pengedar Narkoba

“Kalau biasanya saya minta sebut lima, sekarang saya minta 10, kalau di UGM saya sebut lima gampang banget,” kata Jokowi, Sabtu (22/6/2017).

Seorang mahasiswa maju. Ia memperkenalkan diri sebagai mahasiswa yang berasal dari Wonogiri dan bernama Hari Kisnanto atau Boeboe.

Jokowi pun melempar pertanyaan untuk menyebut sejumlah suku di Indonesia. Dengan lancar, Boeboe menyebutkan suku-suku yang ada di Indonesia,  Jawa, Betawi, Sunda, Batak, Dayak, Minang. Memasuki suku ketujuh, pemuda itu berpikir. Jokowi pun menyahut,”jangan pakai eee…”

“Dani, Pak,” kata Boeboe melanjutkan. Ia menyebutkan suku lain yakni Asmat dan kembali terhenti di suku kesembilan.

Jokowi memberi petunjuk suku di sebuah pulau dekat Surabaya dan berhasil dijawab benar, yakni Madura. Suku terakhir yang disebut Boeboe adalah Bugis, itu pun setelah Jokowi kembali memberi petunjuk suku yang berada di Sulawesi Selatan dan terkenal dengan aktivitas berlayar.

“Kalau nyebut nama suku dari tempat duduk mudah, tetapi kalau berdiri di sini jadi lupa,” Jokowi berkomentar.  Boeboe pun menyalami Jokowi sebelum turun dari podium.

“Enggak dapat sepeda ini, Pak?” tanya Boeboe kepada Jokowi yang disambut gelak tawa hadirin.

Jokowi menjawab akan mengirimkan sepeda dari Jakarta dan meminta petugas mencatat nama mahasiswa tersebut.

(seph – sisidunia.com)