Home » News » Inilah Yang Menyebabkab Umat Islam Selalu Merindukan Makkah

Inilah Yang Menyebabkab Umat Islam Selalu Merindukan Makkah



Jakarta – Umat Islam yang sudah pernah berhaji atau umrah pasti rindu ingin kembali berziarah ke Baitullah. Rumus ini juga berlaku untuk seluruh umat Islam. Meski belum pernah menginjakkan kaki di tanah suci, hati mereka senantiasa dipenuhi kerinduan untuk menjadi tamu Allah.

Inilah Yang Menyebabkab Umat Islam Selalu Merindukan Makkah

Makkah

Tak heran jutaan umat Islam berkumpul di Makkah untuk melaksanakan ibadah haji setiap tahunnya. Sementara di luar musim haji, jutaan muslim dari berbagai penjuru dunia juga senantiasa berziarah ke Baitullah. Sepanjang tahun Kakbah tak pernah sepi dari umat manusia untuk meraih ridha-Nya.

Mengapa demikian? Rupanya keinginan itu tak lepas dari doa Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT yang pernah meminta agar Kakbah menjadi yang dirindukan oleh seluruh keturunannya, selain dari perintah Allah yang mawajibkan berhaji sebagai rukun Islam yang ke lima.

Dalam Alquran surat Ibrahim ayat 37 Beliau berdoa, ุฑูŽุจูŽู‘ู†ูŽุง ุฅูู†ูู‘ูŠ ุฃูŽุณู’ูƒูŽู†ู’ุชู ู…ูู†ู’ ุฐูุฑูู‘ูŠูŽู‘ุชููŠ ุจููˆูŽุงุฏู ุบูŽูŠู’ุฑู ุฐููŠ ุฒูŽุฑู’ุนู ุนูู†ู’ุฏูŽ ุจูŽูŠู’ุชููƒูŽ ุงู„ู’ู…ูุญูŽุฑูŽู‘ู…ู ุฑูŽุจูŽู‘ู†ูŽุง ู„ููŠูู‚ููŠู…ููˆุง ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉูŽ ููŽุงุฌู’ุนูŽู„ู’ ุฃูŽูู’ุฆูุฏูŽุฉู‹ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณู ุชูŽู‡ู’ูˆููŠ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’ ูˆูŽุงุฑู’ุฒูู‚ู’ู‡ูู…ู’ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุซูŽู‘ู…ูŽุฑูŽุงุชู ู„ูŽุนูŽู„ูŽู‘ู‡ูู…ู’ ูŠูŽุดู’ูƒูุฑููˆู†ูŽ

Artinya, โ€œYa Rabb kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Rabb kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan salat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezkilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukurโ€ (QS. Ibrahim: 37).

Dari ayat ini dijelaskan, dari Syaikh Abdurrahman As-Saโ€™di rahimahullah berkata, โ€œAllah mewajibkan haji ke Baitullah di mana Allah menempatkan anak keturunan nabi Ibrahim dan Allah menjadikannya suatu rahasia mengagumkan yang memikat di hati.โ€

โ€œYaitu orang berhaji (ke Kakbah) dan tidak ditunaikan terus menerus, namun setiap kali seorang hamba pergi bolak-balik ke kakbah maka semakin bertambah kerinduannya, semakin besar kecintaannya dan kerinduannyaโ€œ (Taisir karimir rahman : 427)

Berdasarkan penjelasan di atas, maka tak heran jika umat muslim yang belum pernah ke tanah suci ingin sekali datang, dan yang sudah pernah ingin kembali lagi, sementara yang sudah berhaji ingin datang saat musim haji meski hanya menjadi petugas kebersihan. Betapa mulianya rumah Allah SWT ini. (bens – sisidunia.com)