Home » News » 1.530 Orang Mengungsi Akibat Banjir di Belitung Dan Belitung Timur

1.530 Orang Mengungsi Akibat Banjir di Belitung Dan Belitung Timur



Belitung Timur – Banjir yang melanda di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur telah berlangsung selama 3 hari. Diketahui, 1.530 orang mengungsi.

1.530 Orang Mengungsi Akibat Banjir di Belitung Dan Belitung Timur

Banjir Belitung dan Belitung Timur

Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kemensos Adhy Karyono menjelaskan, puncak banjir terjadi pada Minggu (16/7/2017) malam. Saat itu ketinggian mencapai 3 meter.

Baca juga : Banyak WNI Yang Gigit Jari Usai Berada Ditengah Kelompok ISIS

“Kita menetapkan masa tanggap darurat 18-28 Juli 2017,” kata Adhy saat dihubungi, Selasa (18/7/2017).

Adhy menjelaskan, posko penanganan dipusatkan di lokasi dekat Bandara. Letaknya sekitar 15 menit dari Bandara. Sementara itu lokasi pengungsian ada di 3 titik, terdiri dari Kecamatan Manggar, Kecamatan Gantung, dan satu di Belitung Timur.

“Kondisi terakhir Belitung Timur, akses jalan penghubung antar kecamatan terputus. Kondisi terkini Kecamatan Gantung, Bendungan Pice, salah satu pintu bendungan jebol,” ujar Adhy.

“Untuk dikota manggar, pusat pasar mulai besok di pindahkan ke pelabuhan ASDP manggar, sampai keadaan normal kembali. Akses jalan dalam kota, jalan provinsi rusak, bendungan air tebat gadong jebol,” jelasnya.

Menurut Adhy, saat ini belum ditemukan adanya korban. Sementara pengungsi telah ditangani oleh tim gabungan. (bens – sisidunia.com)