Home » News » Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon Mengaku Siap Gantikan Posisi Setya Novanto

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon Mengaku Siap Gantikan Posisi Setya Novanto



Jakarta –  Terkait penetapan status Setya Novanto ditetapkan menjadi tersangka proyek pengadaan e-KTP membuat Fadli Zon berbicara.  Posisi Setya Novanto siap digantikan Wakil Ketua DPR, Fadli Zon sebagai pelaksana tugas (Plt) ketua DPR.

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon Mengaku Siap Gantikan Posisi Setya Novanto

Fadli Zon

“Kita semua harus siap,” ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Baca Juga : Setya Novanto Resmi Menjadi Tersangka Kasus Korupsi Proyek Pengadaan e-KTP

Untuk mekanismen pergantian pucuk pimpinan DPR, lanjut Fadli tergantung dari partai politik atau fraksi dari Setya Novanto. Dalam UU MD3 disebutkan, sebelum adanya putusan hukum berkekuatan tetap (Inkrah), anggota dewan yang berperkara masih menyandang status tersebut. Sedangkan untuk posisi ketua, tergantung dari partai yang bersangkutan.

Ditanya soal apakah memungkinkan untuk ditunjuk pelaksana tugas (Plt) Ketua DPRR menggantikan Setya Novanto, politisi Gerindra ini belum bisa memastikannya. Pimpinan DPR perlu melakukan rapat terlebih dahulu.

“Kalau Plt bisa saja, tergantung nanti di pimpinan, kita lihat nanti di MD3 aturan mainnya. Kalau Plt kan biasa, cukup di pimpinan seperti pada waktu yang lalu pimpinan rapat kemudian memutuskan, kebetulan saya,” tegas dia.

(seph – sisidunia.com)