Home » News » Inilah Hukuman Bagi Pelaku Penyelundup Hewan Langka

Inilah Hukuman Bagi Pelaku Penyelundup Hewan Langka



Jakarta – Pihak berwenang Indonesia telah menahan seorang pelaku perdagangan satwa liar dan menangkap sembilan ekor kukang yang terlindung, Jumat (14/7/2017).

Inilah Hukuman Bagi Pelaku Penyelundup Hewan Langka

Gambar Ilustrasi

Spesies yang terancam itu telah diselundupkan dari Jawa dan Sumatra. Kedua pulau tersebut memang terkenal dengan banyaknya hewan langka yang bersembunyi di hutan.

Baca Juga : 13 Orang Warga di Periksa Polisi Terkait Pembakaran Pelaku Pencurian

Tersangka ditangkap di kota Kediri, provinsi Jawa Timur, setelah menerima banyak laporan dan memantau berbagai akun media sosial dimana penyelundup hewan sering menjual mangsanya.

“Kami telah menangkap satu tersangka, penjual berusia 23. Kami telah memantau ini untuk waktu yang lama,” Beny Bastiawan, seorang pejabat senior di lingkungan dan kementerian kehutanan.

Tersangka berencana menjual hewan tersebut seharga Rp 200.000 di pasar lokal, namun pejabat memperkirakan mereka akan menjual hewan tersebut seharga Rp 2 juta jika dijual di China.

Ke-10 hewan langka tersebut sekarang berada di bawah pengawasan dokter hewan di lingkungan dan kementerian kehutanan.

Menurut hukum Indonesia, seseorang yang tertangkap menjual satwa yang dilindungi menghadapi hukuman lima tahun penjara maksimum dan denda Rp 100 juta.

(seph – sisidunia.com)