Home » News » Gempa Berkekuatan 6.0 SR Guncang Gorontalo

Gempa Berkekuatan 6.0 SR Guncang Gorontalo



Jakarta – Gempa berkekuatan 6.0 skala richter (SR) yang terjadi di Gorontalo dipastikan tidak berpotensi tsunami. Meski begitu, warga dilaporkan panik dan berhamburan keluar rumah.

Gempa 5,8 SR di Wilayah Korut Dikhawatirkan Akibat Uji Coba Nuklir

Ilustrasi

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, guncangan gempa dirasakan di 4 wilayah. Pertama, gempa terasa kuat selama 3 sampai 5 detik di Kabupaten Bualemo.

“Warga sempat panik dan berhamburan keluar rumah. Belum ada laporan terkait dampak,” kata Sutopo dalam keterangannya, Sabtu (15/7/2017)

Gempa juga terasa kuat di Kabupaten Gorontalo selama sekitar 7 detik. Warga di lokasi ini juga sempat panik dan berlari keluar rumah. Belum ada laporan terkait dampak di lokasi ini.

Gempa juga terasa kuat di Kabupaten Pohuwato selama 3-5 detik dan di Kota Gorontalo selama 3 detik. Warga di dua lokasi itu sempat panik. Hingga kini belum ada laporan dampak akibat gempa.

“Diperkirakan gempa tidak menimbulkan kerusakan yang masif. Umumnya dampak gempa merusak jika memiliki intensitas di atas VI MMI atau kuat,” ujarnya.

Berdasarkan laporan BMKG, kata Sutopo, pusat gempa berada di laut di Teluk Tomini di kedalaman 100km pada 40 km sebelah Baratdaya Boalemo atau 49 km Tenggara Pahuwoto Provinsi Gorontalo. Gempa tidak berpotensi tsunami. Gempa diperkirakan termasuk ke dalam gempa bumi menengah. (bens – sisidunia.com)