Home » News » Gempa Berkekuatan 4,6 SR Kembali Guncang Padang Sidempuan

Gempa Berkekuatan 4,6 SR Kembali Guncang Padang Sidempuan



Padang Sidempuan – Wilayah Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara, masih diguncang gempa susulan hingga Jumat (14/7/2017) petang, tepatnya pukul 17.13.00 WIB. Meski demikian, gempa susulan tersebut tidak berpotensi tsunami.

Gempa Berkekuatan 4,6 SR Kembali Guncang Padang Sidempuan

Ilustrasi

Berdasarkan data di laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa berkekuatan 4,6 skala Richter (SR) terjadi di posisi episenter koordinat 1,41 Lintang Utara dan 99,26 Bujur Timur, tepatnya di darat dengan jarak 6 kilometer arah barat laut dari Padang Sidempuan, pada kedalaman 10 km.

Hasil analisis pada peta BMKG, gempa ini dirasakan di Padang Sidempuan dan Sipirok dengan intensitas II SIG-BMKG (III MMI).

Gempa bumi ini adalah susulan setelah dipicu kejadian gempa utama 5,5 SR yang terjadi pada pukul 08.25.16 WIB. Lalu hingga Jumat malam telah terjadi enam kali gempabumi susulan.

Menurut pantauan Okezone, hasil observasi BBMKG, gempa ini berada pada zona sesar Sumatera pada segmen angkola. Karakteristik sinyalnya menunjukkan gempa tektonik.

Dari kedalaman hiposenternya, ini merupakan jenis gempa tektonik dangkal pada lapisan kerak bumi. Mekanisme sumber gempa bumi diperkirakan strike slip sesuai mekanisme dari sistem sesar Sumatera. (bens – sisidunia.com)