Home » News » 65 Dari 364 Jenis Naroba Baru Sudah Masuk di Indonesia

65 Dari 364 Jenis Naroba Baru Sudah Masuk di Indonesia



Jakarta – Indonesia sepertinya menjadi pangsa pasar yang cukup potensial bagi perdagangan narkotika. Bahkan menurut Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Budi Waseso sudah ada 65 narkotika jenis baru yang masuk ke Indonesia.

65 Dari 364 Jenis Naroba Baru Sudah Masuk di Indonesia

Gambar Ilustrasi

Budi Waseso lebih jauh menjelaskan, secara keseluruhan sudah ada 664 narkotika jenis baru yang terdeteksi di 102 negara. Hal itu berdasarkan data yang dikeluarkan oleh United Nation Office of Drugs and Crime (UNODC) dalam laporan World Drug Reports tahun 2016.

Baca Juga : Ibu Rumah Tangga Digrebek Polisi Karena Menjual Narkoba

Sedangkan di Indonesia, dari 65 narkotika jenis baru yang telah masuk, baru 43 jenis narkotika yang masuk ke dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI Nomor 2 tahun 2017 tentang perubahan penggolongan narkotika.

“Sedangkan sisanya yang 22 jenis belum masuk Permenkes,” ungkap Jenderal yang lebih akrab dipanggil Buwas ini.

Menurut Buwas, kondisi geografis Indonesia yang terbuka ini sangat menguntungkan bagi jaringan narkotika internasional untuk memasukkan barang haramnya melalui banyak pintu masuk jalur ilegal.

“Mereka (sindikat internasional) bisa masuk Indonesia karena banyak pintu masuk melalui jalur ilegal,” jelas Buwas.

Buwas juga membeberkan, peredaran narkotika tidak dilakukan oleh orang per orang, namun dilakukan secara bersama dalam sebuah jaringan yang terorganisir dan bekerja secara rapi dan rahasia.

“Sehingga, penindakan peredaran gelap narkotika tidak boleh dilakukan setengah-setengah dan harus dilakukan komprehensif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa,” tandas Buwas.

(sseph – sisidunia.com)