Home » News » Sibolangit Hujan Abu Vulkanik Akibat Gunung Sinabung Erupsi

Sibolangit Hujan Abu Vulkanik Akibat Gunung Sinabung Erupsi



Medan – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali mengalami erupsi. Akibat erupsi gunung api tersebut, sejumlah wilayah di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, mengalami hujan abu.

Sibolangit Hujan Abu Vulkanik Akibat Gunung Sinabung Erupsi

Gunung Sinabung erupsi

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Natanail Perangin-angin mengatakan, erupsi Gunung Sinabung terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Namun, erupsi tidak berdampak terhadap aktivitas di Kota Berastagi.

Baca juga : Ratusan Larva Hidup di Dalam Telinga Bocah Ini

“Di Berastagi tidak ada laporan terdampak abu, aktivitas normal,” kata Natanail saat dihubungi, Jumat (14/7/2017).

Berbeda dengan kondisi di Kota Berastagi, Kabupaten Karo, di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, abu vulkanik turun cukup tebal. Hal tersebut membuat warga berlindung ke tempat yang lebih aman, seperti di dalam gedung dan rumah.

“Sibolangit diguyur abu vulkanik. Abunya sangat tebal,” kata Camat Sibolangit, Amos Simanungkalit.

Ia menjelaskan, abu vulkanik tersebut turun hingga ke wilayah Sibolangit. Embusan angin yang sangat kencang membawa abu vulkanik dari Gunung Sinabung sampai ke Sibolangit yang jaraknya berkisar 50 kilometer.

“Padahal jaraknya jauh, sekitar 50 kilometer, satu jam juga kalau dihitung dari Sinabung ke Sibolangit. Mungkin karena angin kencang, jadi terbawa kemari,” ujar Amos.

(bens – sisidunia.com)