Home » News » Ratusan Larva Hidup di Dalam Telinga Bocah Ini

Ratusan Larva Hidup di Dalam Telinga Bocah Ini



Jakarta – Bagaimana bisa belatung hidup di telinga seorang anak? Berbahaya kah bagi tubuh manusia?

Ratusan Larva Hidup di Dalam Telinga Bocah Ini

Telinga bocah ini ditinggali larva

Ya, didokumentasikan oleh seorang suster di rumah sakit di Kazakhstan, video dokter mengeluarkan belatung dari telinga anak itu pun tersebar luas. Terlihat, beberapa belatung hidup yang sudah berhasil dikeluarkan dari telinga si anak tetap bergerak di wadah berbahan besi.

Kondisi yang dialami si anak terbilang bukan hal aneh. Dikatakan Aida Abdybekova, Wakil Direktur Institut Penelitian Peneliti Ilmiah Kazakhstan, masalah si anak tersebut bukan hal baru. “Sudah banyak kasus serupa. Serangga bertelur dan berkembangbiak di dalam saluran telinga manusia,” ungkpanya seperti dikutip Dailymail, Jumat (14/7/2017).

Dijelaskan, pada kasus si anak, telinga dia terasa sangat sakit sampai mengeluarkan aroma busuk. Setelah melakukan pemeriksaan, ternyata di dalam telinganya hidup ratusan larva. Diyakini larva tersebut adalah larva bluebottle atau blow fly (Calliphoridae).

Penyakit ini dalam istilah medis disebut dengan masalah myasis. Bila dibiarkan terlalu lama, larva yang hidup akan menggerogoti setiap sel dalam tubuh. Bahkan, bisa sampai merusak otak manusia. Dalam beberapa penelitian, dijelaskan bahwa mereka yang mengalami masalah ini memiliki risiko kematiannya sebesar 8 persen.

Jika menelisik lebih jauh, awal mula munculnya bibit larva bisa disebabkan adanya luka yang bercampur dengan bakteri di telinga. Di mana, luka tersebut mengeluarkan aroma yang disukai lalat untuk tempatnya bertelur. Lalat betina menghasilkan hingga 150 telur dalam waktu 4 hari.

Bila kondisi telinga benar-benar tidak bersih, menginduksi telur tersebut untuk menetas menjadi larva lalat yang terlihat seperti belatung hidup. (bens – sisidunia.com)