Home » News » Cegah Bayi Lahir Cacat, Pemerintah Beri Vaksin Measles Rubella

Cegah Bayi Lahir Cacat, Pemerintah Beri Vaksin Measles Rubella



Jakarta – Pada Agustus mendatang, pemerintah akan memberikan vaksin measles rubella (MR) serentak di Pulau Jawa. Ibu hamil, bayi dan anak-anak diwajibkan mendapatkan vaksin tersebut untuk mencegah komplikasi.

Cegah Bayi Lahir Cacat, Pemerintah Beri Vaksin Measles Rubella

Ilustrasi

Jika tidak vaksin, seorang wanita hamil yang terinfeksi rubella selama trimester pertama, 85% melahirkan bayi yang cacat dengan sindrom rubella kongenital (CRS). Akibatnya, mereka mengalami keguguran, lahir mati, serta cacat lahir seperti tuli, kebutaan, dan cacat jantung dan otak.

Baca juga : Isu Perombakan Kabinet Kerja Tidak Pengaruhi Perpindahan Ibu Kota

Mirisnya, jika bayi lahir dengan cacat rubella bisa terdiagnosa terlambat. Banyak contoh penderita rubella di Indonesia, seperti balita Aubrey Naiym Kayacinta atau Ubii (5) putri dari blogger Grace Melia (28).

Dilansir Healthhub, Jumat (14/7/2017), biasanya bayi pengidap rubella akan mengalami demam tinggi terus-menerus. Segera konsultasikan dengan sokter supaya tidak berakibat fatal.

Sementara itu, CDC Amerika Serikat merekomendasikan agar wanita hamil mendapatkan suntikan MR agar kekebalan tubuhnya kuat melawan virus. Setidaknya, vaksin ini diberikan sejak satu bulan sebelum kehamilan.

Pastikan Anda mendapatkan suntikan vaksin MR di masa kehamilan. Begitu juga dengan bayi dan anak-anak. Vaksin ini bisa didapatkan gratis di puskesmas. (bens – sisidunia.com)