Home » News » Gempa 5,8 SR di Wilayah Korut Dikhawatirkan Akibat Uji Coba Nuklir

Gempa 5,8 SR di Wilayah Korut Dikhawatirkan Akibat Uji Coba Nuklir



Chongjin – Wilayah Korea Utara (Korut) diguncang gempa berkekuatan 5,8 skala Richter (SR), Kamis (13/7/2017). Gempa tersebut dikhawatirkan akibat uji coba nuklir Korut.

Gempa 5,8 SR di Wilayah Korut Dikhawatirkan Akibat Uji Coba Nuklir

Ilustrasi

US Geological Survey menyatakan gempa tersebut mengguncang pada Kamis pagi dengan lokasi yang sangat dalam sekira 538 kilometer di bawah dasar laut dan diperkirakan tidak akan menyebabkan kerusakan. Pusat gempa itu berjarak 180 kilometer dari tenggara Kota Chongjin, Korut.

Baca juga : Hukuman Cambuk di Kelantan Malaysia Mendapat Kecaman

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Kamis (13/7/2017) ahli Seismologi dari US Geological Survey, Jullie Dutton mengatakan gempa ini termasuk aneh karena lokasi guncangannya. Namun ia menegaskan, gempa ini tidak memiliki indikasi dibuat oleh manusia.

Kabar mengenai uji coba nuklir tersebut juga ditepis oleh juru bicara Pentagon, Mayor Jamie Davis. Ia mengatakan, indikasi awal menunjukkan bahwa gempa tersebut bukanlah uji coba senjata Korut mengingat lokasi dan kedalaman dari guncangannya. Pasalnya selama ini uji coba nuklir Korut selalu dilakukan di wilayah darat. (bens – sisidunia.com)