Home » News » Polisi Thiongkok Menjalin Kerjasama Dengan Polri Untuk Penanganan Kasus Transnasional

Polisi Thiongkok Menjalin Kerjasama Dengan Polri Untuk Penanganan Kasus Transnasional



Jakarta – Terkait kerja sama penanganan kasus transnasional Delegasi Kepolisian Republik Rakyat Tiongkok berkunjung ke Indonesia untuk melakukan koordinasi dengan Polri .Polisi Thiongkok Menjalin Kerjasama Dengan Polri Untuk Penanganan Kasus Transnasional

Delegasi dari Kepolisian Tiongkok ini dipimpin oleh Deputy DG of International Cooperation Departement (ICD) of MPS Mrs Li Li (Irjen Pol), didampigi Director of Asean Division of ICD of MPS Mr Wu Jianmin (Kombes Pol), Staf of Asean Division of ICD of MPS Mr Tao Sheng, dan Atase Polisi Tiongkok di Indonesia Mr Chung (Kombes Pol).

Rombongan disambut oleh Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs Putut Eko Bayuseno SH, didampingi Kakor Sabhara Irjen Pol Drs Umar Septono SH, MH, Kakor Binmas Irjen Pol Drs Arkian Lubis, Dir Potmas Brigjen Pol Drs Istiono, Sekretaris NCB Interpol Brigjen Pol Drs Naufal Yahya M.Eng, dan Waka Densus 88/Antiteror Brigjen Pol Eddy Hartono SIK, bertempat di Ruang Perjamuan Kabaharkam Polri, Jakarta, Selasa (11/7/2017).

Dalam kesempatan ini, Mr Li Li menyampaikan kekagumannya atas keberhasilan Polri dalam mengungkap berbagai kasus teror dan menyampaikan apresiasi atas suksesnya acara HUT Bhayangkara ke-71 di Monas.

Sementara Komjen Pol Putut Eko Bayuseno menyampaikan, kinerja Polri saat ini sudah mendapat tempat di hati masyarakat. Terbukti dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

Kabaharkam juga mengatakan bahwa penanganan kasus terorisme diperlukan kerja sama dengan semua negara, dalam bentuk pertukaran informasi maupun pelatihan bersama penanganan terorisme.

“Densus 88 ini bukan hanya bereaksi setelah ada aksi, tetapi bisa mencegah sebelum ada aksi lain yang timbulkan banyak korban,” ungkap Komjen Pol Putut Eko Bayuseno.

Untuk itu, Kabaharkam menyampaikan pihaknya siap memperpanjang MoU dengan Kepolisian Tiongko, khususnya terkait masalah narkoba, teroris, people smugling, cyber crime, transnasional crime, dan lain sebagainya.

Terkait hal itu, delegasi Kepolisian Tiongkok menyampaikan keinginan pihaknya mengundang Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, termasuk Kabaharkam, untuk datang ke Beijing dalam rangka tindak lanjut kerja sama government to government dan police to police.

(seph – sisidunia.com)