Home » News » Terungkap Isi Buku Diary Terduga Pelaku Bom Panci di Bandung

Terungkap Isi Buku Diary Terduga Pelaku Bom Panci di Bandung



Bandung ¬†‚Äď Barang bukti berupa buku¬†¬†diary¬†milik Agus Wiguna, terduga pelaku bom panci Kubang Bereum, Bandung, Jawa Barat diamankan tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Mabes Polri .

Terungkap Isi Buku Diary Terduga Pelaku Bom Panci di Bandung

Tim Densus 88

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Polisi  Yusri Yunus menjelaskan, dalam buku diary tersebut Agus menuliskan tentang kebencian untuk melakukan aksi teror.

Baca Juga : Aksi Pencurian Sepeda Motor Bersenjata Api Membuat Masyarakat Depok Resah

“Dia menulis sendiri dengan perasaan hati setelah belajar otodidak dari internet tentang bagaimana berjihad dan menanamkan rasa kebencian terhadap agama lain,” kata Yusri saat dihubungi, Selasa, (11/7/2017).

Namun, menurut dia, dalam pemeriksaan terakhir tidak ditemukan untuk perencanaan aksi teror dan pemetaan target lokasi dalam buku¬†diary¬†tersebut. “Tidak ada, masih didalami,” katanya.

Dia mengemukakan, terduga masuk dalam kategori pemula dalam melakukan aksi teror. “Kami lihat belum terlalu (profesional) ini ya karena baru belajar, beda yang terjadi di Kampung Melayu yang memang sudah (terlatih),” ujarnya.

Sebelumnya, Wakapolda Jawa Barat Brigadir Jenderal Bambang Purwanto menjelaskan, dari catatan yang diamankan di kamar kontrakan terduga pelaku bom, terdapat catatan berbahasa arab.

“Tulisan arab, ada bukunya menggunakan bahasa Indonesia mencantumkan agenda. Belum kita buka semuanya. Ya cukup lah (tebal). Enggak ada (20 lembar), cuma beberapa lembar,” katanya di Bandung, Sabtu, (8/7/2017).

Bom panci meledak di kamar kontrakan di Kubang Beureum Nomor 35 RT007/011 Kelurahan Sekajati, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu, (8/7/2017), pukul 15.30 WIB. Polisi lantas menangkap Agus Wiguna yang diduga sebagai pelakunya.

(seph – sisidunia.com)