Home » News » Polisi Baku Tembak Dengan TPN/OPM Akibat Adanya Pungli

Polisi Baku Tembak Dengan TPN/OPM Akibat Adanya Pungli



Lanny Jaya – Kelompok Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN/OPM) terlibat baku tembak dengan anggota Polisi Polres Lanny Jaya di Kampung Popome Kabupaten Lanny Jaya pada Selasa (11/7/2017).

Polisi Baku Tembak Dengan TPN/OPM Akibat Adanya Pungli

Ilustrasi

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol A.M. Kamal mengatakan, kontak tembak tersebut berawal saat anggota Polsek Tiom menerima laporan dari masyarakat atas adanya pungutan liar oleh sekelompok masyarakat setempat kepada warga yang melintas di jembatan Kuninggame.

Baca juga : ISIS Menargetkan Sasaran Pertamanya di Medan

“Berawal pada pukul 10.20 Wit anggota yang terdiri dari anggota polsek Tiom dan anggota Polres Lanny Jaya melakukan pengecekan ke TKP dan menegur masyarakat setempat agar tidak melakukan pemalakan terhadap pengguna jalan,” kata Kamal.

Selanjutnya, anggota melaksanakan Patroli ke kampung Popome yang tidak jauh dari TKP, dan pada saat anggota polres lanny jaya melaksanakan patroli di kampung Popome.

“Saat patroli anggota melihat ada sekolompok OTK (Orang Tidak Dikenal) yang membawa senjata api dan OTK tersebut juga melihat anggota polres lanny jaya yang melaksanakan patroli,” sambungnya.

“Seketika itu kontak senjata tak bisa terelakkan dan kontak senjata terjadi selama 30 menit,” terang Kamal.

Atas itu, kemudian anggota meminta bantuan ke Polres Lanny Jaya untuk penambahan pasukan.

“Dipimpin Kapolres Lanny Jaya, dan setelah di berfing untuk meningkatkan kesiapsiagaan, kemudian bermanfaat menuju lokasi kontak tembak,” terangnya.

Namun dalam perjalanan, sekita pukul 13.15 Wit, malah Kapolres bersama anggota ditembaki oleh OTK dari arahati gunung.

“Kapolres dan anggota ditembaki dari arah gunung, dengan menggunakan senjata berat, berjenis Arsenal, dan ini berlangsung sekitar 2 jam,” ungkapnya.

Kemudian, lanjut Kamal, OTK tersebut mundur, dan Kapolres bersama anggota melakukan pengecekan personil dan pihak OTK.

“Dari pemeriksaan, tidak ada korban, dan pihak OTK juga tidak ada korban,” katanya.

Kapolres Polres Lanny Jaya bersama anggota kembali ke makko Polres lanny Jaya untuk melakukan konsolidasi sekira pukul 15.45 Wit. Sementara, belum diketahui pasti dari kelompok mama yag melakukan penyerangan terhadap aparat Kepolisian Lanny Jaya. (bens – sisidunia.com)