Home » News » Ada Tersangka Baru Dalam Kasus Bakamla, Siapakah?

Ada Tersangka Baru Dalam Kasus Bakamla, Siapakah?



Jakarta ā€“ Ā Agus Rahardjo, Ketua Komisi Pemberantasan KorupsiĀ mengungkapkan, terkait kasus suap pejabat Badan Keamanan Laut RI, atau BakamlaĀ akan ada pengumuman tersangka baru .Ā perkara untuk pengembangan perkara tersebut menurutnya telah digelarĀ Ā KPK.

Ada Tersangka Baru Dalam Kasus Bakamla, Siapakah?

Lambang KPK

“Sudah ada (tersangka baru). Yang pasti, gelar perkaranya sudah dilakukan,” kata Agus dikonfirmasi di kantornya, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (11/7/2017).

Disinggung lebih jauh, Agus belum bisa membeberkan identitas tersangka baru kasus Bakamla tersebut. Ia lantas mempersilahkan wartawan minta penjelasan lebih rinci kepada Juru Bicara KPK.

Sebelumnya, dalam kasus ini KPK telah menetapkan lima tersangka. Sementara itu, POM TNI menjerat satu tersangka yang merupakan anggota TNI aktif.

Perkara korupsi ini terkait pengadaan monitoring satelit di Bakamla. Kasus itu berawal dari operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK terhadap Deputi Informasi, Hukum, dan Kerja Sama Badan Keamanan Laut (Bakamla) Eko Susilo Hadi.

Sejumlah tersangka telah divonis bersalah oleh hakim. Dalam semua persidangan, terungkap adanya peran Ali Fahmi, alias Fahmi Habsyi yang diduga menjadi pelaku utama dalam perkara suap empat pejabat Bakamla ini.

Meskipun telah dicegah bepergian ke luar negeri, kader PDIP itu tak terdeteksi KPK keberadaannya hingga saat ini.

Dalam dakwaan jaksa KPK kepada beberapa terdakwa suap satelit monitoring, Ali Fahmi disebut sebagai staf Kepala Bakamla Laksamana Madya Arie Soedewo. Dia diduga jadi perantara suap antara Eko Susilo Hadi dan pengusaha Fahmi Darmawansyah.

(seph – sisidunia.com)