Home » News » Puluhan PNS Dipecat Karena Bolos Kerja

Puluhan PNS Dipecat Karena Bolos Kerja



Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur, memimpin sidang Badan Pertimbangan Kepegawaian (BAPEK) di Kantor Kementerian PAN-RB pada hari Jumat (7/7/2017). Dalam sidang tersebut diputuskan 31 Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) dipecat karena bolos kerja tanpa keterangan yang jelas.

Puluhan PNS Dipecat Karena Bolos Kerja

Gambar Ilustrasi

Sidang tersebut juga dihadiri oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara Bima Haria Wibisana, serta Asisten Deputi Bidang Pembinaan Integritas dan Penegakan Disiplin SDM Aparatur Bambang Dayanto Sumarsono.

Baca Juga :  Setya Novanto Batal Diperiksa KPK Karena Alami Vertigo

Dalam aturannya, pemerintah telah menentukan sanksi bagi PNS yang tidak masuk kerja tanpa keterangan atau bolos. Jika PNS tidak masuk 1-15 hari dikenai sanksi disiplin ringan, 16-30 hari terkena sanksi sedang, dan 31-46 hari untuk sanksi berat.

Sanksi bisa berupa teguran lisan, teguran tertulis, penundaan kenaikan pangkat, penundaan kenaikan gaji, penurunan pangkat satu tingkat selama satu tahun, penurunan pangkat satu tingkat selama tiga tahun, penurunan jabatan satu tingkat selama tiga tahun, pembebasan dari jabatan (non job), dan terakhir pemberhentian dengan tidak hormat.

(seph – sisidunia.com)